Ketua Gerakan Peningkatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Kaltim Syafruddin Pernyata melantik  pengurus  GPMB Kabupaten Paser, di Pendopo Kabupaten, Kamis (4/2).


"Pengurus GPMB berasal dari ASN, seniman, dan pegiat literasi,"kata Syafruddin .

Dia mengatakan sebagai ketua GPMB Kabupaten Paser periode 2021 -2024 adalah Kasrani.

Terbentuknya GPMB di Paser lanjut dia, bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi atau minat baca masyarakat.

Syafruddin Pernyata berharap GPMB  Kabupaten  Paser yang baru dibentuk dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan minat baca masyarakat hingga tingkat desa dan kelurahan.

Ia menambahkan bahwa GPMB nantinya akan menggandeng perusahaan untuk berpartisipasi menyumbangkan buku untuk diberikan kepada masyarakat di daerah yang tidak terjangkau dengan kegiatan literasi.

“Kami akan menggandeng  perusahaan, memberikan buku di tempat yang belum ada buku-buku bacaan. Harapan kami gerakan ini mengajak untuk membaca, buku bukan hanya sekedar ditaruh,” jelasnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Paser Sutomo mengatakan terpilihnya Kasrani sebagai Ketua GPMB Paser oleh pengurus dengan mempertimbangkan sertifikasi literasi yang dimilikinya.

"Kasrani terpilih sebagai ketua karena salah satu peserta yang memiliki sertifikat literasi," kata Sutomo.

Ia berharap dengan dilantiknya Kasrani sebagai Ketua GPMB Paser, tingkat literasi masyarakat di Paser semakin baik, sebab dia menilai, Kasrani bukan orang baru dalam dunia literasi.

“Kasrani sosok yang memberikan inspirasi bagi masyarakat Paser yang telah menyempatkan waktu dan pikiran serta tenaga untuk mencerdaskan masyarakat Kabupaten Paser,” ujar Sutomo.

Hadir dalam pelantikan Ketua Gerakan Peningkatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Paser di antaranya Wakil Bupati Paser Kaharuddin, Kepala Bappedalitbang Paser Muksin, dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021