Samarinda (ANTARA Kaltim) - Dua Wakil Ketua DPRD Kaltim, yakni Yahya Anja dan H Hadi Mulyadi, secara terpisah sama-sama mengunjungi dan membantu korban kebakaran di dua lokasi yang berbeda di Samarinda, yakni di  Jalan Lambung Mangkurat Gang 8 Kelurahan Sidomulyo, Samarinda Ilir dan Jalan KH Wahid Hasyim, Sempaja, Samarinda Utara, Selasa (2/10).
 
Wakil Ketua DPRD Kaltim asal Partai Demokrat, Yahya Anja, lebih dulu mengunjungi korban kebakaran di Jalan  Wahid Hasyim dan memberikan sejumlah bantuan berupa bahan-bahan makanan seperti beras, minyak goreng, gula, mie instan  dan air mineral kepada mereka.

"Kunjungan ini saya lakukan sebagai  bentuk perhatian dan keprihatinan atas musibah kebakaran yang terjadi.  Saya berharap para korban dan keluarga dapat menerima ujian dari  Tuhan Yang Maha Kuasa ini dengan ikhlas dan sabar," kata Yahya Anja.

Dari lokasi Kebakaran di Jalan  Wahid Hasyim, pimpinan DPRD Kaltim asal Dapil Samarinda ini melanjutkan kunjungan  ke posko penampungan korban kebakaran di Jalan Lambung Mangkurat Gang 8, Samarinda Ilir.

Kepada  para korban, wakil rakyat yang sebentar lagi meraih gelar doktor teologi ini menyampaikan rasa simpatinya dan  memberikan bantuan pula berupa bahan-bahan makanan,  yang diserahkan ke posko setempat.

"Saya juga pernah merasakan seperti ini. Saya tahu sekali bagaimana rasanya. Bantuan yang saya berikan tidak seberapa nilainya, namun semoga dapat mengurangi beban derita bapak-ibu sekalian,"  kata Yahya Anja.

Dalam kesempatan itu pula,  politisi pendiri Partai Demokrat Kaltim tersebut mendatangi posko mengumpulan bantuan dan tenda dapur umum tempat ibu-ibu  memasak  makanan untuk dibagikan kepada korban kebakaran. Di dalam tenda dapur umum  itu, Yahya Anja menyapa dan memberikan semangat kepada para korban kebakaran.  

"Ke depan, tentu kita harus membangun lebih baik lagi. Kita  tata lingkungan, agar kalau ada musibah kebakaran, mobil pemadam gampang masuk. Kita juga harus lebih waspada, hindari potensi-potensi yang dapat menimbulkan musibah kebakaran,"  kata Yahya Anja.

Sama seperti koleganya, Yahya Anja, Wakil Ketua DPRD Kaltim asal PKS, H Hadi Mulyadi juga menyerahkan bantuan berupa sembako, pakaian bekas dan sejumlah dana untuk korban kebakaran di kedua lokasi. 

"Nilai bantuan ini sangat kecil, tapi semoga bermanfaat untuk meringankan beban derita para korban kebakaran," kata Ketua DPP PKS Wilayah Dakwah (Wilda) Kalimantan yang ramah dengan siapa saja ini.

Menurut  pimpinan DPRD Kaltim asal Dapil Samarinda ini, mengingat  seringnya kebakaran di Samarinda, maka  setiap warga dihimbau agar waspada terhadap bahaya kebakaran. Perhatikan jaringan kabel listrik, kompor dan hal-hal lain yang dapat memicu kebakaran,” kata politisi yang juga dosen di berbagai perguruan tinggi di Kaltim tersebut.

Pemkot Samarinda seharusnya membentuk tim relawan di seluruh kelurahan untuk mencegah dan membantu memadamkan api bila terjadi kebakaran. Selain itu, sepatutnya ada pengadaan alat pemadam kebakaran jinjing (portable) di setiap RT.

"Tidak kalah pentingnya, secara berkala perlu dibuat pelatihan penanggulangan kebakaran," kata wakil rakyat yang gemar menulis puisi ini.  (Humas DPRD Kaltim/adv/lin/mir)

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012