Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Sebanyak empat provinsi menyatakan siap mengikuti Pameran Pembangunan bertema "Kaltim Expo 2012" yang digelar mulai 31 Agustus hingga 5 September, di mana akan menyajikan produk unggulan dan hasil pembangunan.

"Empat provinsi yang akan mengikuti Kaltim Expo adalah Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)," ujar Ketua Panitia Kaltim Expo 2012 HM Yadi Sabiyanoor di Samarinda, Rabu.

Yadi, yang juga Kepala Badan Perizinan dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) ini mengatakan, Kaltim Expo akan digelar di GOR Satadion Segiri Samarinda dengan gerai yang disiapkan mencapai 176 unit.

Dalam pameran tersebut terdapat empat lokasi yang disiapkan, yakni beberapa gerai di dalam GOR, beberapa gerai di luar GOR namun dalam tenda rouder, sejumlah gerai di tenda kerucut, dan beberapa gerai di luar tenda yang khusus menyediakan aneka menu makanan dan minuman.

Berbagai produk yang dipamerkan antara lain otomotif, kuliner, hasil pembangunan oleh pemerintah daerah masing-masing, dan berbagai produk dari pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Kegiatan ini selain untuk mempromosikan berbagai potensi daerah juga untuk pemberdayakan ekonomi masyarakat, terbukti banyak gerai yang disiapkan untuk pelaku UMKM.

Menurutnya, kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke- 67 ini dinilai sangat positif, karena merupakan bagian dari upaya mempromosikan hasil pembangunan, termasuk rencana pembangunan daerah baik untuk program jangka pendek, menengah, maupun program jangka panjang.

Semua program pemerintah yang dipamerkan dalam Kaltim Ekspo tersebut perlu diketahui masyarakat luas, tujuannya adalah agar masyarakat dapat memberikan kritik dan saran dalam pembangunan daerah, terutama untuk program jangka menengah dan jangka panjang.

Tujuan penting dalam kegiatan ini adalah, agar terbukanya peluang bagi para pemodal dan pelaku usaha ekonomi kreatif, yakni agar semakin banyak investor yang menanamkan modal di Kaltim Karena telah melihat potensi yang dipamerkan dalam Kaltim Expo.

Menurutnya, setiap tahun penyelenggaraan Kaltim Expo menunjukkan peningkatan, baik meningkatnya kualitas maupun kuantitas peserta pameran, termasuk meningkatnya capaian hasil yang diinginkan.

Ia berharap agar dalam Kaltim Expo ini mampu menjadi momentum bangkitnya para pelaku UMKM, yakni untuk terus eksis dalam memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat, termasuk semakin bersemangat dalam berkarya dan berinovasi agar produk daerah dapat dikenal secara luas.

Banyak sektor yang ditonjolkan dalam kegiatan ini, seperti produk unggulan daerah berupa industri makanan/minuman, hasil pertambangan yang meliputi perminyakan dan batu bara, kemudian bidang perkebunan, bidang kelautan dan perikanan.  (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012