Pemerintah Kota Samarinda kembali mendapatkan penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk yang ke empat kalinya.
 

“Alhamdulillah Samarinda kembali mendapatkan penghargaan TPID Award ke empat kalinya,” kata Wali Kota Samarinda,Syaharie Jaang yang juga Ketua TPID Kota Samarinda usai menerima penghargaan di Jakarta.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ruang Graha Sawala Kemenko Perekonomian Jakarta.

Diketahui bahwa Pemerintah Kota Samarinda  sudah empat kali menerima penghargaan TPID Award dari pemerintah pusat yakni  TPID berprestasi  pada  2015 diserahkan Presiden RI Joko Widodo, kemudian TPID terbaik Nasional pada  2017 diserahkan tahun 2018 oleh Presiden RI.

Selanjutnya  TPID 2018  diserahkan Wapres RI di tahun 2019 dan tahun ini kategori  TIPD Kota Berkinerja Terbaik Wilayah Kalimantan 2019 diserahkan oleh Menko Perekonomian mewakili Presiden RI yang membuka kegiatan secara virtual.

“Keberhasilan ini tidak terlepas dari kekompakan TPID  Kota Samarinda,  dukungan Pemerintah Provinsi Kaltim  kepada  Samarinda sebagai Ibukota Provinsi,” kata Syaharie Jaang.

Syaharie Jaang mengemukakan  dari tahun ke tahun berbagai persoalan yang berbeda mengancam inflasi di Kota Samarinda, namun berkat kekompakan dan sigap menyikapi persoalan sehingga inflasi terkendali.

Menurutnya tahun 2020  secara global semua dihadapkan dengan masalah pandemi COVID-19 , jika  tidak diambil langkah cepat dan sigap oleh TPID Kota Samarinda maka akan semakin menambah persoalan.

Intinya lanjut Jaang bagaimana mereka selalu bekerja ekstra menjaga kecukupan pasokan agar terhindar dari kelangkaan sembako, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif.

“Kelancaran distribusi ini pun cukup vital dampaknya, terutama dari jalur bongkar muat di pelabuhan. Ini harus dijaga. Melalui TPID kita berkoordinasi mengatasi permasalahan dan rutin melakukan pertemuan koordinasi,” bebernya.

Oleh karena itu Jaang menyampaikan terima kasih kepada TPID kota Samarinda, baik Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kaltim, Bulog, BPS, para distributor maupun lembaga dan OPD terkait serta para stakeholder juga masyarakat.

Sementara terkait penyerahan penghargaan TPID Award  adalah rangkaian acara Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2020 dengan tema Transformasi Digital UMKM Pangan, Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Stabilitas Harga Menuju Indonesia Maju.

Rakor  dibuka Presiden RI Joko Widodo secara virtual  diikuti  sebanyak 635 peserta  virtual dan peserta terbatas di gedung Graha Sawala Kemenko.

Selain Kota Samarinda, 2 kota dan 2 kabupaten lainnya yaitu Gorontalo, Jayapura, Banyuwangi serta   Bungo juga mendapat penghargaan  yang sama.
 

Pewarta: Rhd

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020