Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Timur membagikan bantuan ribuan bibit pohon kepada masyarakat dalam rangka kegiatan prolingkungan hidup sekaligus mengajak mereka beradaptasi dan tetap produktif di tengah pandemi COVID-19.
 

Kepala Dishut Kaltim Amrullah di Samarinda, Jumat (16/10), mengatakan program penghijauan lingkungan disertai penyerahan ribuan bibit pohon tersebut merupakan program tahunan.

Saat ini, 29.442 bibit pohon diserahkan kepada masyarakat melalui Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) di Kaltim. Penyerahan bibit melalui Kepala KPHP Santan berjumlah 10.321 bibit, Kepala KPHP Delta Mahakam (3.000 bibit), Kepala KPHP Meratus (10.046 bibit), dan Kepala KPHP DAS Belayan (6.075 bibit).

Bantuan bibit gratis untuk masyarakat itu, berupa pohon ulin, sengon, dan buah-buahan khas Kaltim.

"Kami berharap dengan bantuan bibit tersebut selain menjaga hutan, masyarakat juga bisa mengambil hasil hutan," katanya.

Pembagian bibit itu, katanya, bagian dari upaya mempercepat rehabilitasi hutan dan lahan.

"Diharapkan bantuan bibit pohon dan pupuk, masyarakat ikut menjaga kawasan hutan sehingga bisa tetap lestari. Termasuk daerah-daerah yang kritis bisa dilakukan reboisasi dengan tanaman kehutanan agar tumbuh hijau kembali," tandasnya.

Amrullah menambahkan setiap tahun pihaknya selalu mengalokasikan anggaran untuk kegiatan rehabilitasi lahan kritis atau daerah-daerah yang gundul dengan menyiapkan berbagai bibit pohon. Pada masa mendatang masyarakat diharapkan bisa memetik hasil yang mereka tanam.

Ia menjelaskan tentang pentingnya masyarakat tetap produktif di tengah pandemi virus corona jenis baru itu.

"Dimasa pandemi COVID-19 ini, bukan berarti kita tidak produktif. Sebagai penggerak sektor kehutanan harus terus menYosialisasikan kegiatan prolingkungan. Kami terus bersinergi dengan masyarakat melalui pemberian bibit pohon termasuk pupuknya, sehingga masyarakat ikut menjaga kelestarian hutan," katanya.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020