Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paser telah menyiapkan 557  unit  lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) untuk mengganti  sejumlah PJU rusak yang tersebar di 10 kecamatan.


"Tahun ini lampu PJU yang rusak akan diperbaiki semua," kata Kepala Dishub Paser Inayatullah, jumat (18/9). 

Ia mengatakan untuk perbaikan sejumlah unit PJU  diprioritaskan  atau difokuskan di pusat ibu kota Kabupaten yakni Kecamatan Tanah Grogot. Jika di wilayah ibukota selesai maka akan dilanjutkan perbaikan di kecamatan lainnya.

Selain itu katanya untuk perbaikan  Dishub Paser berkoordinasi dengan pihak kecamatan karena pihak kecamatan yang lebih mengetahui dimana saja lokasi PJU yang rusak. 

"Biasanya pihak kecamatan yang menyampaikan permohonan perbaikan ke Dishub, kemudian ditindaklanjuti, " Terang Inayahtullah. 

Dikemukakannya bahwa Dishub Paser memiliki keterbatasan sumber daya, baik unit operasional maupun tenaga operasional sehingga tidak bisa menjangkau seluruh kecamatan. 

Sementara Kabid Perhubungan Darat Dishub Paser ,Tri Gunawan  menambahkan berdasarkan data PJU yang tersebar di 10 kecamatan sebanyak 2.907 unit. 

"Dari jumlah tersebut, idealnya Dishub harus punya stok 30 persen (yang digunakannya untuk perbaikan PJU yang rusak," kata Tri.

Dishub Paser kata dia tahun ini hanya memiliki stok PJU sebanyak 507 lebih dan jumlah tersebut  perkiraan mampu untuk mengatasi penggantian lampu PJU  selama dua bulan.

Oleh karena itu  kata Tri memohon maaf kepada masyarakat jika terdapat permohonan perbaikan PJU yang tidak bisa diakomodir.

"Kami mohon maaf jika ada permohonan yang belum bisa kami perbaiki. Padahal kami berkeinginan semua PJU yang rusak dapat diperbaiki semua," katanya.

Tri menambahkan selain keterbatasan stok PJU, SDM dan mobil operasional seperti mobil tangga juga menjadi kendala.Padahal setiap tahun Dishub telah mengusulkan kendaraan seperti kendaraan elf yang bisa masuk ke gang. Jika kendaraan dan peralatan lebih dari satu, tentunya akan mendukung kinerja, kegiatan bisa dibagi untuk  beberapa kecamatan lainnya.
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020