Pencarian minyak dan gas di pedalaman Kalimantan dimulai kembali, dengan investasi sebesar 6,1 juta juta dolar AS.


Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PT Kalisat Energi Nusantara (KEN) memulai pengeboran sumur eksplorasi di Kampung Mamahak Besar, Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur.

Kampung Mamahak Besar sekira 450 km dari Balikpapan ke arah barat laut, di kawasan hulu sungai Mahakam.

“Kami mulai tajak sumur NK-1X di Wilayah Kerja Long Hubung Long Bagun,” kata General Manager KEN Sunarno Aloy, Kamis.

Sumur eksplorasi NK-1X ditargetkan mencapai kedalaman 1.700 meter dengan waktu pekerjaan selama 47 hari. Pada kedalaman itu diharapkan keberadaan hidrokarbon di struktur geologi Mamahak di formasi intra dan upper Kiham Haloq terbukti, baik dalam bentuk minyak atau gas atau kedua-duanya.

Sunarno menambahkan bahwa upaya menyiapkan lokasi Sumur NK-1X menghadapi banyak tantangan alam, mulai dari jarak yang jauh dari pusat suplai orang, barang, dan jasa, hingga medan dari wilayah kerja.

“Kami harus membangun jetty (dermaga), kemudian dari jetty membangun jalan sepanjang 6 km ke lokasi kerja melintasi hutan dan perkebunan kelapa sawit. Kemudian mengangkut peralatan pengeboran, logistik, juga orang ke lokasi melewati jalan darat, sungai, dan kembali jalan darat dengan berbagai kualitas jalan,” cerita Sunarno.

Apalagi saat ini masih dalam wabah COVID-19 yang membuat pergerakan orang dan alat tidak leluasa.

Sementara itu Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas (SKK Migas) selaku lembaga negara yang mengurusi perusahaan-perusahaan kontrak kerjasama migas berharap agar pengeboran ini dapat memberikan hasil yang positif sehingga mampu membantu mewujudkan target produksi 1 juta barel minyak per hari (barel oil per day, BOPD) dan gas sebesar 12.000 juta standar kaki kubik per hari (million metric standard cubic feet MMSCFD) di tahun 2030.

“Kami apresiasi setinggi-tingginya tim SKK Migas dan KEN selaku KKKS nasional dimana ditengah kondisi sulit seperti ini mampu merealisasi komitmen kerjanya secara tepat waktu,” kata Deputi Perencanaan SKK Migas Jaffee Arizon Suardin. 
 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020