Barkati dan Darlis Pattolangi mendaftar sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota pada pIlkada kota Samarinda tahun 2020 dengan mendatangi KPU setempat, Minggu malam.



Pasangan dengan julukan Badar tersebut mendaffarkan di Pilkada Samarinda 2020 melalui jalur partai politik dan diusung oleh Partai Amanat Nasional ( PAN) Partai Demokrat dan Partai Golkar.

Barkati saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Samarinda dan mendaftarkan diri sebagai bakal calon Walikota, sedangkan pasangannya Darlis Pattolangi merupakan ketua DPW PAN Kaltim dan diusung sebagai Bakal Calon Wakil Wali kota.

Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat mengatakan pasangan Barkati- Darlis merupakan bakal calon ke- tiga yang telah menyerahkan berkas pendaftarannya ke KPU setempat.

Sebelumnya telah ada dua bakal calon yang telah mendaftarkan diri yakni Andi Harun- Rusmadi Wongso yang maju menggunakan jalur partai politik dan pasangan Zairin Zain- Sarwono yang mendaftarkan diri melalui jalur perseorangan.

"Di hari terakhir masa pendaftaran ini Minggu (6/9) kami menerima kembali berkas pencalonan pasangan Barkati- Darlis, sehingga total kontestan Pilkada Samarinda yang telah mendaftarkan diri secara resmi ada tiga calon," kata Firman Hidayat.

Firman menjelaskan semua berkas pencalonan akan dilakukan verifikasi oleh KPU, kemudian dokumen tersebut akan diumumkan untuk kemudian ditanggapi oleh masyarakat.

"Tahapan pendafataran ini masih panjang, masih ada pemeriksaan kesehatan, perbaikan dokumen sebelum ditetapkan secara resmi sebagai Calion peserta Pilkada Samarinda," tegas Firman.

Sementara Barkati mengatakan bahwa prosedur protokol kesehatan di masa pendemi ini tetap harua dipatuhi oleh masyarakat, termasuk saat diririnya melakukan pendaftaran ke KPU.

Ia mengucapkan terimakasih atas sambutan KPU dan dukungan masyarakat yang ikut memberikan motivasi untuk maju di Pilkada Samarinda 2020.

"Saya meminta maaf kepada masyarakat karena sempat membuat jalanan padat karena iring- iringan rombongan yang akan mendaftar ke KPU, semoga kita semua tetap diberikan kesehatan di masa pendemi ini," kata Barkati.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020