Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kaltim formasi 2019 memasuki tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan metode Computer Asisted Test (CAT) berlangsung dari tanggal 1-5 September 2020, di Kantor UPT Pengukuran Kompetensi /gedung assessment center di Jalan Kartini. 


Kepala BKD Provinsi Kaltim Diddy Rusdiansyah mengaku bersyukur  pelaksanaan SKB ditengah pandemi COVID-19 berjalan dengan baik dan lancar.Karena sebelumnya tes SKB CPNS 2019 sempat mengalami penundaan karena situasi Kondisi Luar Biasa (KLB) akibat COVID-19.

"Berbagai macam persiapan telah dilaksanakan tim BKD Provinsi Kaltim sejak beberapa hari yang lalu dengan tetap memperhatikan pedoman protokol kesehatan yang ada," ujar Diddy saat meninjau pelaksaanaan SKB, di Kantor UPT Pengukuran Kompetensi /gedung assessment center BKD Provinsi, Selasa (1/9).

Persiapan yang dilakukan diantaranya, mempersiapkan  ruangan tes CAT, tempat pra registrasi, tenda steril peserta, rambu pengatur jarak, tempat cuci tangan dan loker, mengikuti pedoman kesehatan yang berlaku.

Tidak luput dalam upaya memperketat protokol kesehatan, peserta sebelum memasuki area tes di wajibkan memakai masker, dicek suhu tubuh  oleh petugas serta diwajibkan cuci tangan.

Khusus peserta yang bersuhu lebih dari 37.3 derajat celcius akan diarahkan ke tim kesehatan. Jika timkes memutuskan boleh melanjutkan maka peserta akan disiapkan ruangan khusus di lantai II dan diberi tanda khusus.

Pada kesempatan itu Diddy berpesan agar peserta jangan percaya  calo atau oknum yang menjanjikan akan lulus tes dengan mudah.

"Itu sudah jelas mereka calo tidak punya peran apa-apa disini, semuanya berbasis sistem, janganpercaya kalau ada iming-iming tertentu itu omong kosong. Namun hanya percayalah kepada Allah SWT saja, tidak ada yang tidak mungkin selama mau berusaha dan berdoa, "tuturnya.

Diddy menyebutkan  pada sesi pertama ada 3-4 peserta tidak hadir dan terlambat, tapi itu bukan kesalahan panitia karena jadwal pelaksanannya sudah diumumkan sejak jauh hari.

Sementara itu Kabid Mutasi Hj. Kustiningsih  menambahkan jumlah peserta SKB CPNS Pemprov Kaltim sebanyak 708 orang, formasi yang tersedia hanya  368 formasi. Jadi setidaknya ada  sekitar 500 lebih peserta yang akan mengikuti tes tersebut di UPT Penkom.

"Sisanya peserta mengikuti tes diluar Provinsi Kaltim yakni titik lokasi di UPT/Kanreg BKN terdekat sesuai yang telah di pilih masing-masing peserta," katanya.

Lanjut Kustiningsih perharinya dilaksanakan sebanyak 3 sesi dengan jumlah peserta sebanyak 150 orang, dimana per sesinya 50 orang kecuali hari Jumat yang hanya 2 sesi. Kepada peserta  juga diwajibkan hadir 2 jam sebelum tes dimulai, sebab aturannya demikian tidak ada toleransi bagi yang terlambat.

Adapun barang yang wajib dibawa dan diperbolehkan masuk ke ruangan yakni KTP/Suket/KK asli, Kartu Peserta , dan pensil yang dibawa oleh masing-masing peserta.

Sedangkan untuk live score SKB dapat disaksikan di via live streaming youtube BKD Provinsi Kaltim per sesi setiap harinya, hal tersebut untuk mencegah kerumunan ditempat.

"Petugas SKB CAT yang menjaga dalam ruangan yakni tim dari Kantor Regional (Kanreg) BKN VIII Banjarmasin sebanyak 5 orang,"tutup Kustiningsih.

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020