Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Kalimantan Timur menyalurkan bantuan pupuk dan bibit tanaman kepada petani kebun, sebagai program pengembangan komoditi kelapa rakyat.
 

Kali ini petani di Desa Santan Tengah, Kecamatan Marangkayu, Kutai Kartanegara yang berada di sentra kelapa mendapat program pengembangan seluas 20 hektare.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad menyebutkan bantuan diberikan berupa 2.000 batang bibit kelapa, 2.000 kg pupuk NPK dan 100 liter herbisida.

"Disbun memperoleh dukungan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 melalui kegiatan perluasan komoditi kelapa seluas 20 hektare," kata Ujang Rachmad, di Samarinda,Jumat (14/8).

Dalam upaya penguatan kelembagaan petani pekebun, lanjutnya, Disbun melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis dan Dinamika Kelompok yang melibatkan 10 petani kelapa penerima bantuan.

Kegiatan bagi petani pekebun ini digelar selama tiga hari (Rabu-Jumat), terhitung 12-14 Agustus.

Menurutnya, dinamika kelompok merupakan salah satu upaya dalam penguatan kelembagaan. Diakuinya, selama ini banyak kelompok tani hanya berdasarkan kegiatan swadaya masyarakat saja.

Karenanya, melalui pembinaan yang dilakukan Disbun, maka kelompok tani akan bisa lebih maju.

"Diharapkan kelompok tani akan semakin kuat dan berkembang. Terutama wawasan, pemahaman dan penghayatan dalam pengelolaan kelompok tani melalui sistem kebersamaan ekonomi berdasarkan manajemen kemitraan," tuturnya.

Ditambahkannya, Disbun akan menyalurkan bantuan bagi 10 petani di Kelompok Tani Sumber Ilahi Desa Santan Tengah, Kecamatan Marangkayu, masing-masing bantuan berupa 100 batang bibit kelapa, 100 kg pupuk NPK dan 5 liter herbisida. 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020