Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) menginisiasi terselenggaranya webinar tingkat provinsi dalam rangka optimalisasi pendisiplinan protokol kesehatan,  di Media Center Korem 091/ASN Samarinda,  Selasa (28/7).


Webinar diikuti Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, S.I.P., M.Si., Kapolres Samarinda Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K. M.Si., Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kaltim Setyo Budi Basuki, SKM. M. Kes, dan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kaltim Ir. Kresnayana, MT.

"Melalui rapat secara daring ini pendisiplinan protokol kesehatan oleh masyarakat harus ditingkatkan karena masih banyak yang belum sepenuhnya menyadari bahaya penyebaran COVID-19," kata Danrem 091/ASN Brigjen TNI Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro.

Oleh karena itu katanya TNI-Polri dan pemerintah mengadakan razia gabungan untuk menghindari penyebaran COVID-19 serta mengadakan pembagian masker gratis kepada masyarakat. 

Sementara Kapolres Samarinda Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K. M.Si., menerangkan adaptasi kebiasaan baru merupakan proses bertahap pada saat pandemi COVID-19 yang tergantung pada situasi di daerah masing-masing. 

"Adanya mall, cafe dan pasar yang dibuka harus tetap memperhatikan protokol kesehatan. TNI-Polri setiap malam mengadakan razia untuk menjaga agar tidak ada kerumunan," sebutnya. 

Pada kesempatan webinar, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kaltim, Setyo Budi Basuki menjelaskan tentang optimalisasi pelaksanaan penerapan protokol kesehatan penanganan COVID-19. Hal tersebut dianggap penting karena peningkatan kasus terkonfirmasi COVID-19 pada akhir-akhir ini cukup tinggi. 

"Kondisi ini menunjukan masih terjadinya penularan diantara masyarakat dan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan yang belum optimal, " katanya.

 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020