Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur meminta badan usaha milik negara maupun badan usaha milik daerah (BUMN dan BUMD) memberikan kontribusi nyata membantu perguruan tinggi negeri maupun swasta meningkatkan kualitas pendidikan.


Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi mengatakan di Samarinda, Minggu, keberhasilan sejumlah perguruan tinggi di Pulau Jawa dalam peningkatan mutu pendidikan tidak lepas dari peran BUMN dan BUMD setempat.

Karena itu, lanjut Hadi, Pemprov Kaltim minta BUMN dan BUMD yang aktif di Kaltim dapat mendukung perguruan tinggi di daerah ini.

"Ini sudah terbukti di Universitas Brawijaya Malang. Mereka dibantu BUMN dan BUMD dalam pengembangan pembangunan fisik kampusnya. Diharapkan lrogram ini bisa dicontoh dan kita minta BUMN dan BUMD bisa membantu," katanya.

Menurut Hadi, BUMN dan BUMD di Kaltim cukup banyak. Karena itu, pemprov akan melakukan koordinasi ke seluruh BUMN dan BUMD di daerah ini agar mereka turut membantu perguruan tinggi.

Hadi meyakini BUMN dan BUMD yang aktif di 'Benua Etam' ini mampu berkontribusi untuk pengembangan perguruan tinggi di daerah.

"Harusnya BUMN dan BUMD bisa membantu perguruan tinggi di daerah ini. Termasuk mendukung fasilitas yang dibutuhkan. Kami akan ajak pimpinan perguruan tinggi berkoordinasi ke lembaga tersebut. Saya yakin bisa," tegas Hadi.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020