Pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-27, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (D2KBP3A) Kabupaten Paser menargetkan  melayani pemasangan KB gratis sebanyak 1.168 akseptor.


"Ada target untuk Kabupaten Paser yang ditentukan BKKBN Provinsi Kaltim  melayani masyarakat sebanyak 1.168 akseptor," kata Kepala D2KBP3A Paser Hadijah saat peninjauan pelayanan KB gratis, di Tanah Grogot.

Sesuai laporan  dari  sejumlah puskesmas yang ada di Kabupaten Paser kata Hadijah target  tersebut optimis bisa terlampaui.

Ia menjelaskan dalam  rangka memperingati Harganas ke-27 dan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) tahun 2020 dilaksanakan tidak seperti biasanya  yakni rayakan secara nasional yang dipuastkan di salah satu Provinsi . Karena pandemi  COVID-19 maka dilaksanakan  secara sederhana dengan memberikan pelayanan KB gratis dimasing-masing provinsi, kabupaten/kota  sesuai dengan tema  BKKBN pusat "Pelayanan satu juta akseptor".

"Untuk Kabupaten Paser ditergetkan melayani sebanyak 1.168 akseptor dan melihat hasil laporan  yang masuk maka optimis terget tersebut akan terlampui," katanya.

Hadijah menjelaskan dalam pelaksanaan pelayanan KB gratis kepada para akseptor D2KBP3A Paser melibatkan mitra kerja diantaranya Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Paser, Puskesmas Pembantu (Pusban) dan  pihak rumah sakit serta Kodim 0904 Tanah Grogot.

Dikemukakannya guna memastikan program tersebut berjalan dengan baik,maka  pihakya telah  melakukan peninjuan pelayanan KB di beberapa fasilitas kesehatan yaitu Puskesmas Senaken Tanah Grogot, Puskesmas Kuaro, Puskesmas Long Ikis dan Puskesmas Long Kali.

"Adapun pelayanan yang diberikan kepada para akseptor  semua kontrasepsi seperti IUD, Implant, Pil, Kondom dan Suntik diberikan secara gratis ," ucapnya.

Hadijah menambahkan, pada peringatan puncak Harganas  pada 29 Juni  2020, Kabupaten Paser  telah mendapatkan penghargaan yaitu  keluar sebagai juara  I praktek Bidan Mandiri Se-Kaltim atas nama Nur Jannah, kemudian mendapatkan juara II kategori KB Lestari  dan Juara III masing-masing Pusat Informasi Konseling Remaja  dan Bina Keluarga Remaja . (ADV/MC Kominfo Paser)
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020