Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar mengharapkan masyarakat setempat siap menjalani normal baru di tengah pandemi COVID-19 melalui penerapan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus corona jenis baru itu.


“Sekarang satu-satunya cara yang kita lakukan bukan dengan menyerah tidak melakukan apapun, melainkan harus menjaga produktivitas kita agar dalam situasi ini kita tetap produktif, namun aman dari COVID-19,” katanya di Sangatta, Kamis.

Ia menegaskan normal baru antara lain dilakukan dengan rutin mencuci tangan memakai sabun, penggunaan masker saat aktivitas di luar rumah, jaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Ia mengatakan kebiasaan baru itu sebagai kewajiban dan menjadi kesadaran kolektif agar aktivitas masyarakat di seluruh lini kehidupan dapat berjalan dengan baik.

Sehubungan hal itu, dia mengimbau siapa pun yang mengelola tempat umum, tempat kerja, sekolah, dan tempat ibadah memperhatikan aspek menuju normal baru.

Ia mengatakan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 bukan hanya berlaku di bidang ekonomi, tetapi juga pendidikan dan keagamaan serta bidang-bidang lainnya.

“Tentu bergantung pada aspek epidemiologi dari tiap daerah sehingga penambahan kasus positif COVID-19 bisa ditekan,” katanya.

Saat ini, kata Ismu, penularan COVID-19 masih terjadi. Hal itu, artinya semua pihak harus betul-betul lebih disiplin untuk mematuhi seluruh anjuran pemerintah dan mengaktifkan kembali cara-cara hidup dengan normal baru.

“Oleh karena itu, saya ingatkan kembali rutin cuci tangan pakai sabun, gunakan masker bila keluar rumah,” katanya.

Pemkab Kutai Timur juga terus mengupayakan tes cepat COVID-19 secara massal dan bertahap, antara lain di lingkungan pasar rakyat, instansi pemerintah, dan pelayanan umum demi memutus rantai penularan COVID-19.

Ke depan, kata dia, tes cepat akan terus ditambah agar deteksi awal penyebaran virus itu dapat segera diketahui dan kemudian diambil langkah-langkah penanganan lanjutan.

“Selain itu, penyaluran bantuan sosial berupa sembako maupun bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah telah dilaksanakan dengan baik,” kata Ismunandar.

Pada kesempatan itu, ia juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak, antara lain TNI-Polri, perusahaan-perusahaan, serta seluruh elemen masyarakat yang telah aktif berpartisipasi dan memberikan bantuan.

Berbagai bantuan, antara lain tes cepat, alat pelindung diri, sembako, dan berbagai keperluan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kutai Timur, termasuk bantuan secara langsung kepada masyarakat terdampak COVID-19.

Pewarta: Wardi/Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020