Bontang  (ANTARA News Kaltim) - Dinas Perikanan Kelautan dan Pertanian (DPKP) Kota Bontang Kalimantan Timur menggelar sosialisasi gemar makan ikan dan lomba masak serba ikan bagi PKK kelurahan dan darma wanita se-Kota Bontang.

"Ini merupakan agenda rutinan berjenjang secara nasional, dengan jumlah peserta yang ikut sebanyak 12 kelompok berasal dari Tim PKK kelurahan dan kecamatan serta darma wanita," kata Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, Suprayitno, di Bontang, Jumat.

Mengenai lomba masak seba ikan, ia mengatakan, juara pertama lomba akan mewakili Bontang diajang lomba serupa, dengan jadwal lomba tingkat provinsi akan berlangsung September 2012, dan untuk nasional tanggal 22 Oktober 2012.

Pemenang lomba akan diberikan piagam penghargaan dan uang pembinaan dengan nilai Rp2 juta, Rp1,5 juta, dan Rp 1 juta bagi tiga pemenang juara pertama hingga ketiga.

Dewan juri lomba terdiri dari unsur Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia Joko, Dinas Kesehatan PKK Kota Lena Rahman, dan Kepala DPKP Bontang Ir Aji Erlianawati.

Lomba terdiri dari tiga hidangan, pertama hidangan untuk balita, kedua kudapan, ketiga hidangan untuk keluarga.

"Jika menu balita dan kudapan dimasak di rumah di lokasi lomba tinggal menyajikan, sementara menu keluarga langsung dimasak di lokasi lomba," katanya.

Aspek penilaian mencakup kreativitas atau inovasi resep terbaru, penyajian penampilan, cita rasa, kebersihan dan keamanan pangan, nilai gizi, ketrampilan memasak, kebersihan memasak.

Sementara itu di lokasi yang sama, berlangsung sosialisasi gemar ikan yang dibawakan pemateri Ir Aji Erlianawati sendiri, dan Yuyun dari Dinas Kesehatan dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang.

"Sebaiknya ikan dipepes jangan digoreng, karena dengan dipepes kandungan gizi utuh sementara dengan digoreng mengurangi kandungan gizi karena menguap serta ada tambahan lemak dari minyak gorengnya," kata Yuyun. (*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012