Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur menjalin kerja sama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda untuk meningkatkan pembinaan keagamaan  kepada anak asuh di sejumlah panti sosial yang menjadi binaan dinas sosial setempat.
 

Kepala Dinsos Kaltim HM Agus Hari Kesuma mengatakan di Samarinda, Rabu, saat ini panti sosial yang sudah direkomendasikan yakni UPTD Panti Sosial Asuhan Anak Harapan (PSAAH) di Samarinda.

Namun demikian tidak menutup kemungkinan kerja sama akan dikembangkan dengan pembinaan serupa di UPTD lainnya di bawah naungan Dinsos Kaltim.

Penandatanganan nota kerja sama dilakukan Kepala Dinsos Kaltim HM Agus Hari Kesuma dengan Rektor IAIN Samarinda di Samarinda, Rabu.

"Kerja sama ini bertujuan memberikan bekal ilmu pengetahuan keagamaan bagi anak asuh di UPTD PSAAH dan UPTD lain di bawah naungan kami di Kaltim. Harapannya, ke depan anak asuh memiliki akhlak dan pengetahuan keagamaan lebih baik," kata Agus.

Dijelaskan Agus bahwa sebagai bagian dari kerjasama adalah UPTD PSAAH serta UPTD lain Dinsos Kaltim akan menjadi obyek/lokasi pelaksanaan kegiatan PKL atau KKN mahasiswa IAIN Samarinda.

Sementara Rektor IAIN Samarinda Mukhamad Ilyasin mengatakan, prinsipnya program pembinaan keagamaan bagi anak asuh di UPTD di bawah naungan Dinsos Kaltim satu visi dengan program-program pembinaan keagamaan dan pembinaan umat yang selama ini dilakukan IAIN Samarinda.

"Kami optimistis kerja sama ini akan berjalan baik karena pada prinsipnya antara Dinas Sosial dengan IAIN memiliki program yang sama yakni pembinaan keagamaan dan pengembangan umat," jelasnya.

Kerja sama antara Dinas Sosial Kaltim dengan IAIN Samarinda berlangsung selama 5 tahun terhitung dari 10 Juni 2020 atau saat dilakukannya penandatangan MoU.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020