Samarinda  (ANTARA News Kaltim) - Kwartir Cabang Pramuka Samarinda mewakili Kalimantan Timur pada lomba tingkat nasional.

"Berdasarkan hasil lomba Tingkat IV Kwartir Daerah Kaltim yang berlangsung pada April 2012 lalu, kelompok regu Penggalang Samarinda baik putra maupun Putri berhasil menjadi regu berprestasi tinggi se-Kalimantan Timur. Atas dasar prestasi ini Samarinda berhak mewakili Kwartir Daerah Kalimantan ke lomba tingkat V Nasional di Jakarta yang akan digelar 7-13 Juli 2012," ungkap Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang saat melepas rombongan Penggalang Samarinda, Selasa.

Gerakan Pramuka Kota Samarinda, kata Syaharie Jaang, sudah pernah mendapat predikat Juara Nasional Regu Putra dan mewakili Pramuka Indonesia ke tingkat Internasional di Bangkok, Thailand.

"Kami berharap, prestasi yang pernah ditorehkan pramuka Samarinda yang berhasil keluar sebagai Juara Nasional kembali terulang, bahkan jika bisa lebih ditingkatkan lagi," katanya.

"Melalui perlombaan dibidang kepramukaan saya juga menekankan agar mereka senantiasa menjunjung tinggi rasa kebersamaan, sportivitas, patriotisme dan rasa cinta tanah air serta berjuang semaksimal mungkin demi prestasi Kaltim di mata nasional khususnya pula bagi nama Kota Samarinda," ungkap Syaharie Jaang.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Gerakan Kota Samarinda H Arpan Zainal mengatakan, perwakilan yang akan dikirim adalah masing-masing kelompok regu Beruang Putra dan regu Cempaka Putri.

"Mereka berasal dari Gugus depan KH Dewantara Pangkalan SMPN2 Samarinda, dengan jumlah masing-masing delapan putra dan delapan putri ditambah dua pendamping sehingga jumlah kontingan keseluruhan adalah 18 orang," ungkap Arpan Zainal.

Lomba Tingkat V Nasional 2012 kali ini mengusung motto "Satyaku Kudharmakan, Darmaku Kubhaktikan" dengan tema "Kokohkan Persatuan dan Tingkatkan Prestasi Menuju Kemandirian" akan diikuti perwakilan dari 33 provinsi se-Indonesia.

LT V Nasional itu akan melombakan berbagai materi yang terbagi dalam tujuh kelompok kegiatan yakni, Penghayatan dan Pengamalan Kode kehormatan Pramuka, terdiri atas pelaksanaan ibadah, upacara, kerapian, kreatifitas, kedisiplinan dan pengabdian masyarakat.

Keterampilan kepramukaan terdiri atas baris berbaris, yel Pramuka, halang rintang, kompas, peta topografi, peta pita, peta panorama, perkemahan, tali temali, semboyan dan isyarat, sandi, kim, pengamatan, PPPK, menaksir, survival, penataan perlengkapan (packing) serta senam Pramuka.

Bela negara meliputi, pidato bela negara, sejarah perjuangan bangsa, mengenal penyelenggara negara, mengenal ketentuan tentang lambang negara, bahasa, bendera dan lagu kebangsaan, mengenal negara-negara ASEAN, kesiapsiagaan dan membuat poster.

Ketrampilan hidup, meliputi memasak masakan khas daerah, mengenal tanaman, pengetahuan komputer serta membuat obat tradisional.

Ketrampilan kewirausahaan, berupa hasta karya.

Ketrampilan manajerial meliputi administrasi regu, kerja sama tim dan forum penggalang serta Seni dan Budaya Bangsa yang meliputi mengenal budaya daerah, pentas seni, melukis, karnaval dan wisata pendidikan.  (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012