Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur mengalami penambahan satu orang pasien dan menjadikan jumlah keseluruhan menjadi 255 kasus berdasarkan update Dinas Kesehatan wilayah setempat, Senin.


Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak mengatakan penambahan satu kasus baru tersebut terjadi di wilayah Kota Balikpapan.

"Tambahan satu positif dari Balikpapan yakni BPN 47 (Laki-laki 48 tahun) merupakan Pelaku perjalanan dari Jawa Barat dengan hasil rapid test reaktif, pasien dalam kasus ini telah melakukan isolasi di Villa Silva sejak 2 Mei 2020. Sejak terkonfirmasi pada hari ini kasus dirawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan," jelas Andi Muhammad Ishak menyampaikan rilis harian secara virtual kepada awak media di Samarinda, Senin.

Andi Muhammad Ishak yang juga menjabat sebagai pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim itu menginformasikan adanya 11 Orang Dalam Pengawasan ( ODP) dan Orang Tanpa Gejala ( OTG) yang dinyatakan negatif berdasarkan uji swab dan keterangan tim medis yang menangani.

"Sebelas kasus terkonfirmasi negatif tersebut, delapan kasus di Berau, dan tiga kasus di Kutai Kartanegara," kata Andi Ishak.

Andi mengaku bersyukur dengan terus bertambahnya jumlah pasien sembuh, saat ini dikatakan Andi ada tambahan sebanyak sepuluh orang yang sudah dinyatakan sembuh.

"Jumlah kasus sembuh terus mengalami penambahan, hingga saat ini sudah ada 76 orang yang dinyatakan sembuh dari COVID -19 di Kaltim," jelasnya.

Andi terus mengingatkan pentingnya masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan oleh Pemerintah di masa pandemi COVID-19.

"Ingat penyebaran virus bisa saja terjadi, ketika kita lalai akan pola hidup sehat dan bersih, tetap jaga kondisi hingga bencana ini akan berakhir," tegas Andi Ishak.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020