Sekreratis Kabupaten Kutai Kartanegara Sunggono yang juga bertindak selaku Sekretaris Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19  Kutai Kartanegara mendorong agar bantuan sosial bagi warga terdampak COVID-19 bisa segera disalurkan.


“Saya berharap agar bantuan yang diberikan segera  disalurkan kepada warga yang terdampak pandemi. Harapannya jangan sampai ada warga masyarakat yang kelaparan, dan bantuan ini tepat sasaran. Peran RT, Lurah, para relawan  dan dinas instansi terkait sangatlah diharapkan agar semuanya dapat berjalan lancar dan tepat sasaran,” ujar Sekkab Sunggono.

Penegasan itu disampaikan Sunggono saat memimpin apel bersama sekaligus monitoring pendistribusian sembako, di Halaman Gedung Sandisa Kecamatan Sanga-Sanga, Rabu ( 13/5 ). Apel diikuti para Lurah se Kecamatan Sanga-Sanga, Tim sukarelawan, Ketua dan Anggota TP PKK, Anggota Koramil, Kapolsek, Pramuka dan sejumlah instansi terkait lainnya.

Dia juga berharap peran RT dan lurah untuk melakukan crosek data terkait bantuan yang disalurkan. Jangan sampai ada warga Kukar yang kelaparan, apabila ada warga yang datanya tertinggal segera melapor ke Tim Gugus Tugas Kecamatan Sanga-Sanga untuk diproses lebih lanjut.

Kemudian penting diingatkan agar para RT, Lurah dan pihak Kecamatan agar segera membuat laporan pertanggung jawaban atas bantuan yang diberikan kepada Tim gugus Tugas Kukar paling tidak selambat–lambatnya sebelum tanggal 5 bulan Juni masa tanggap darurat di Kukar.

Terkait pembagian sembako di 18 Kecamatan se Kabupaten Kutai Kartanegara, kata dia akan dilakukan dalam dua tahap. Untuk itu bagi warga yang belum terdata agar segera melapor ke RT atau Tim Gugus Tugas Sanga-Sanga untuk di validasi.

Sampai saat ini Tim Gugus Tugas Kabupaten Kukar telah menyalurkan bantuan di 16 kecamatan dari 18 Kecamatan di Kukar, minus  Kecamatan Tabang dan Kembang Janggut.

Jumlah total kepala keluarga penerima bantuan sebanyak 47.762 KK dan jumlah paket sembako sebanyak 52.209 paket.

Sedangkan penyaluran 1.602 paket sembako di Kecamatan Sanga Sanga, Sunggono yang didampingi anggota koordinator Pemulihan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID - 19 Kutai Kartanegara   Hamzah mengatakan bantuan yang diberikan sebanyak 1.602 paket.

Dalam penyaluran bantuan pangan dasar ini mereka dibantu oleh 112 para relawan baik dalam proses pecking sampai penyaluran kepada penerima sembako.

Acara ditandai dengan penyerahan Hand Sprayer dan alat pelindung diri dari Sunggono kepada Ketua Pos lapangan Kecamatan Sanga Sanga Gunawan yang juga Camat Sanga Sanga sekaligus penyerahan secara simbolis 11 ribu masker buatan masyarakat mandiri ( UMKM ) kepada Sekretaris Gugus Tugas Kukar Sunggono oleh Camat Sanga Sanga untuk dibagikan kepada warga Sanga Sanga.

Selanjutnya Sunggono didampingi Camat Sanga-Sanga Gunawan, Anggota DPRD Kukar Sabri (Nasdem), unsur muspika dan para relawan melakukan peninjauan pendistribusian sekaligus  menyerahkan secara simbolis bantuan kepada warga dengan mendatangi beberapa rumah warga .

Bantuan tersebut berisikan antara lain, beras 10 kg,mie instans 20 bungkus, sarden 4 kaleng, kecap asin 1 botel, kecap manis 1 botol, telur ayam 30 butir, teh celup 1 kotak, gula pasir 1 kg, minyak goreng 2 liter serta susu manis 1 kaleng.

Tampak hadir dalam acara tersebut Camat Sanga Sanga Gunawan, Anggota DPRD Kukar H Sabri ( Nasdem), Kadis Sosial Kukar Didi Ramyadi, Perwakilan Pertamina Wilayah Sanga Sanga, para pengusaha, unsur muspika dan sejumlah dinas instansi terkait lainnya.

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020