Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) membagikan paket sembilan bahan pokok kepada warga terdampak virus corona baru (COVID-19) di daerah itu.


"Bantuan sembako ini berasal dari sumbangan sejumlah anggota PWI dan IKWI Kaltim. Kegiatan ini juga merupakan program sosial yang rutin dilaksanakan oleh IKWI Kaltim setiap Bulan Ramadhan," ujar Ketua IKWI Provinsi Kaltim Nur Jaya HAG di Samarinda, Selasa.

Setiap paket sembako yang dibagikan kepada warga kurang mampu di Kota Samarinda itu, berupa beras, minyak goreng, gula, tepung, susu, dan mi instan.

Sejumlah pengurus dan anggota PWI serta IKWI Kaltim tampak turut hadir menyerahkan bantuan ke sejumlah rumah warga yang sebelumnya telah diidentifikasi kurang mampu.

"Kami berharap bantuan yang tidak seberapa ini bisa membantu," kata Nur Jaya saat menyerahkan bantuan dengan didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi Nani Heriyani, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Lilik Erna, Sekretaris Mardianiwati, dan Bendahara Normalia.

Dalam kondisi pandemi seperti ini, lanjut dia, semua warga memang terkena dampak pandemi virus corona.

Namun, katanya, bagi mereka yang memiliki keuangan lebih banyak atau yang masih mampu, tentu tidak terpengaruh karena masih memiliki tabungan untuk membeli kebutuhan pokok.

Bagi mereka yang hidupnya pas-pasan, apalagi jika tidak memiliki pekerjaan tetap, katanya, tentu dalam kondisi seperti ini semakin sulit mendapat penghasilan, sehingga bantuan dari anggota PWI dan IKWI diharapkan dapat sedikit meringankan beban mereka yang kurang beruntung.

Selain membagikan sembako, IKWI Kaltim juga membagikan masker kepada pengendara sepeda motor di Jalan Protokol Samarinda.

Sambil membagikan masker, mereka juga memberikan pemahaman tentang protokol pencegahan COVID-19.

"Maskernya langsung dipakai ya, jangan lupa selalu menjaga jarak, sering mencuci tangan menggunakan sabun atau 'handsanitizer' (cairan pembersih tangan) agar tidak tertular virus, dan jaga selalu kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin agar badan kita imun, sehingga tidak mudah terserang penyakit," ucapnya.

 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020