Bertepatan dengan hari Kartini yang jatuh pada 21 April, Pemerintah Daerah bersama Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IpeKB) di Kabupaten Paser membagikan 500 masker gratis kepada pengendara di jalan Jendral Ahmad Yani Tanah Grogot.


Kepala  Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Paser, Hadijah mengatakan selain membagikan masker, pihaknya juga melakukan edukasi kepada masyarakat.

"Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan program pencegahan penyebaran COVID-19," kata Hadijah.

Sosialisasi yang dilakukan berupa imbauan kepada  setiap pengendara yang melintas di jalan agar selalu menggunakan masker jika keluar rumah. "Ini upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19," katanya.

Lanjut Hadijah informasi lain yang juga disampaikan ke masyarakat yakni pentingnya menjaga kebersihan dan pencegahan sepeti mencuci tangan, menjaga jarak atau social distancing, dan berdiam diri di rumah.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPC Ikatan Penyuluhan Keluarga Berencana (IPeKB) Vevi Kristiana mengatakan dalam upaya mengantisipasi COVID-19 diharapkan masyarakat tetap dirumah serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat bagi keluarga agar terhindar dari COVID-19.

“Kami mengimformasikan kepada masyarakat bahwa pentingnya memakai masker untuk diri sendiri agar dapat terhindar dari penularan virus dan sebagai upaya tidak menularkan virus kepada orang lain dan masyarakat,” katanya.

Dia juga berterima kasih dengan pembagian masker gratis, karena saat ini masker susah didapat dan harganya cukup mahal.(Adv/ MC Kominfo Paser)

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020