Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) memungkinkan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) secara online atau daring.

“Caranya mudah, bisa diurus sendiri,” kata Deputi Direktur BPJamsostek Wilayah Kalimantan Panji Wibisana, Selasa.

Lapak Asik diadakan BPJamsostek agar peserta tidak perlu ke mana-mana selama masa wabah COVID-19, walaupun itu untuk mengurus JHT. Sebelumnya pengurusan JHT yang mengharuskan peserta hadir dan membawa dokumen asli ke Kantor Cabang BPJamsotek.

“Prosedur yang dibutuhkan melalui mekanisme Lapak Asik sudah sangat memudahkan peserta. Data dan dana peserta juga aman,” kata Panji.

Menurut Deputi Direktur tersebut, dimulai dari pendaftaran hingga proses transfer dana JHT ke rekening bank milik peserta, protokol Lapak Asik ini sudah didesain sedemikian rupa agar peserta tidak perlu datang ke kantor cabang BPJamsostek untuk melakukan klaim JHT.

Peserta cukup melengkapi diri dengan aplikasi whatsapp di telepon cerdas dan koneksi intermet yang cukup untuk panggilan video (video call).

Sebelumnya, peserta harus memastikan telah memindai dokumen yang dibutuhkan dan mengirimnya melalui email, juga memastikan nomor telepon yang digunakan bisa menerima panggilan video.

“Panggilan video untuk verifikasi dari petugas kami,” jelas Panji.

Panji juga menerangkan bahwa Lapak Asik diadakan agar praktik percaloan yang dekat dengan penipuan dan bisa merugikan peserta dan keluarga. Prosedur yang mudah di Lapak Asik agar jangan sampai peserta terbujuk kemudahan yang ditawarkan calo yang mengaku bisa membantu menguruskan JHT, yang justru malah bisa merugikan peserta sendiri.

“Praktik calo ini marak karena pengguna jasanya juga banyak. Kami imbau kepada masyarakat pekerja agar dapat dengan bijak untuk tidak menggunakan jasa calo. Kami tekankan bahwa proses klaim JHT ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Jika memang harus mencairkan dana JHT mereka, lakukanlah melalui kanal resmi dan sebelumnya pelajari prosedurnya,” papar Panji.

Untuk mengetahui langkah-langkah pengajuan klaim, peserta dapat mengikuti petunjuk yang dapat dilihat melalui kanal youtube bit.ly/LAPAKASIK

Juga seandainya peserta masih memerlukan tambahan informasi, baik tentang Lapak Asik ataupun hal-hal lain tentang BPJamsostek, dapat menghubungi nomo telepon 175 untuk Layanan Masyarakat.

“Jangan sampai dana JHT yang sudah ditabung selama bekerja malah dimanfaatkan pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan sendiri,” tegas Panji. ***3***

 

 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Novi Abdi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020