Seluruh perusahaan kecil, menengah maupun besar di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dilibatkan untuk membantu warga terdampak mewabahnya virus Corona jenis baru penyebab COVID-19 di daerah itu.

"Sebanyak 28 perusahaan dilibatkan dalam penanggulangan COVID-19," ujar Kepala Bagian atau Kabag Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Durajat ketika dihubungi di Penajam, Jumat.

Perusahaan yang tergabung dalam Forum CSR (corporate social responsibility/tanggung jawab sosial perusahaan) tersebut dilibatkan untuk ikut membantu pembagian bantuan paket sembako (sembilan bahan pokok).

Dari hasil pertemuan jelas Durajat, menetapkan nilai bantuan dibagi menjadi tiga kategori. yakni untuk perusahaan kecil, menengah dan perusahaan besar.

Untuk perusahaan kecil lanjut ia, nilai bantuan ditetapkan sebesar Rp75 juta, perusahaan menengah Rp125 juta dan perusahaan besar nilai bantuannya ditetapkan sebesar Rp500 juta.

Namun menurut Durajat, baru ada tiga perusahaan yang terkonfirmasi telah melakukan transfer dana ke rekening penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Hingga kini baru tiga perusahaan yang transfer dana untuk membantu penanganan COVID-19," ucap Bendahara Gugus Tugas Pembagian Sembako tersebut.

"Padahal 28 perwakilan perusahaan yang hadir dalam pertemuan menyepakati memberikan bantuan sesuai kategori perusahaan yang telah ditetapkan," jelas Durajat.

Perusahaan yang terkonfirmasi telah transfer dana bantuan tersebut, yakni PT Rabani Corporindo sebesar Rp50 juta, PT Agro Indomas Rp125 juta dan PT Balikpapan Wahana Lestari sebesar Rp125 juta.

Dengan diberlakukannya pengetatan wilayah, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyiapkan kebutuhan dalam pencegahan dan penanganan COVID-19.

Paket sembako yang dibagikan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara secara cuma-cuma berisi 10 kilogram beras, dua kardus mi instan, satu rak telur ayam (30 butir), dua kilogram gula pasir dan satu liter minyak goreng.

Pewarta: Bagus purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020