Penduduk Provinsi Kalimantan Timur yang telah mengakses dan mengisi sensus penduduk  (SP) secara online sejak diluncurkan sudah mencapai 40.153 orang, dari total proyeksi penduduk sebesar 3.793.146 orang.

"Kami telah melakukan sosialisasi dan pendampingan pengisian sensus penduduk online di 20 OPD/lembaga/instansi dan terus berlanjut sampai hari-hari mendatang," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim Anggoro Dwitjahyono saat melakukan sosialisasi dihadapan peserta olahraga gembira di halaman kantor Gubenur Kaltim, Jumat (28/2).

Ia mengajak kepada para peserta yang berolahraga untuk mensukseskan sensus penduduk 2020. Mari bersama mencatat Kalimantan Timur, mari bersama mencatat Indonesia dan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak Gubernur dan seluruh jajarannya telah memberikan dukungan penuh, demi suksesnya sensus penduduk 2020.

Anggoro mengimbau kepada penduduk Kaltim untuk memperbaharui data diri dan keluarga melalui sensus penduduk online. Masyarakat dapat memperbaharui data diri dan keluarga secara mandiri dengan mengakses sensus.bps.go.id menggunakan HP, tablet, laptop atau PC. Lanjut dia untuk mengakses laman ini memerlukan nomor induk kependudukan, nomor kartu keluarga, dan nomor Akta Nikah/Cerai/Kematian.

"Pelaksanaan sensus penduduk online sudah dimulai sejak tanggal 15 Februari yang lalu sampai dengan 31 Maret 2020," katanya.

Sedangkan sensus juga dilakukan wawancara, petugas sensus akan datang ke rumah melakukan wawancara kepada keluarga yang belum melakukan sensus penduduk online atau sudah melakukan sensus penduduk online tetapi datanya belum lengkap. Pelaksanaan sensus penduduk wawancara mulai tanggal 1 sampai  31 Juli 2020

Dikemukakannya seperti diketahui, pada tahun ini Indonesia sedang melaksanakan program nasional 10 tahunan, yaitu sensus penduduk 2020. Selain Indonesia juga terdapat 53 negara lain yang melaksanakan sensus penduduk.

Anggoro menjelaskan sensus penduduk bertujuan untuk menyediakan data, jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk. Satu hal lagi yang penting, sensus penduduk 2020 bertujuan untuk menuju satu data kepedudukan Indonesia. Hasil sensus penduduk bermanfaat untuk dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan diberbagai bidang antara lain  pendidikan, kesehatan, tenaga kerja, perumahan, dan bidang lainnya.

 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020