Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur (KBBKT) sedang bersiap menggelar "Aruh Ganal " (kegiatan besar)  bernuansa adat dan kebudayaan, yang  akan dilaksanakan Pengurus Wilayah (PW) KBBKT di GOR Segiri Samarinda pada 13 -15 Maret 2020.


"Aruh Ganal Budaya Banjar rencananya akan dibuka Gubernur Kaltim, Isran Noor dengan dihadiri Gubernur Kalsel, Ketua Umum Pengurus Kerukunan Bubuhan Banjar, dan Ketua Umum PW KBBKT,"kata Ketua Pemuda Banjar Kaltim,Fahrian Nur di Samarinda,Jumat.

Dia menyatakan acara pembukaan selain acara sermonial juga akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti pagelaran kolaborasi tari banjar berupa kuntaw, kuda gipang, tarik tirik, dan tari japin. Kemudian lamut dan pagelaran mamanda dari Kalsel.

Selanjutnya bajalan baimbai, donor darah,  lomba mehalabiu, vocalis lagu banjar, seminar sejarah banjar, parade madihin dari kabupaten/kota se Kaltim dan final vocalis lagu banjar, serta pagelaran wayang kulit banjar.

Terkait jalan sehat baimbai rencananya akan dimeriahkan pembagian door prize 5 unit sepeda motor dan Umroh dari Ketum KBBKT.
Sedangkan untuk donor darah akan diberikan hadiah berupa baju kaos bubuhan Banjar dan makan soto gratis.

Fahri menjelaskan melalui kegiatan aruh ganal KBBKT ingin membuktikan orang banjar sangat peduli sosial dan menjaga adat / kebudayaan dan adab (akhlak),  sehingga dapat memberikan pendidikan kepada generasi muda khususnya suku banjar agar melestarikan budaya banjar di tengah kemajuan teknologi.

"Sebagai acara penutup pada kegiatan Aruh Ganal 2020 dilaksanakan jalan santai, donor darah, parade kuliner banjar dan lomba busana adat banjar," urainya.

 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020