Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) mendapatkan bantuan alat perekaman dan pencetakan KTP-elektronik dari Pemprov Kalimantan Timur yang diharapkan dapat mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

"Saya yakin bantuan satu unit alat perekaman dan pencetakan KTP-elektronik ini akan sangat berguna bagi Pemkab Mahakam Ulu dalam memberikan layanan KTP kepada masyarakat," ujar Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Mahakam Ulu Yohanes Avun di Ujoh Bilang, Jumat.

Saat ini Kabupaten Mahakam Ulu baru memiliki dua unit alat perekaman dan pencetakan, sehingga dengan adanya bantuan satu unit dari Pemprov Kaltim ini maka peralatannya bertambah menjadi tiga unit. Hal itu diyakininya mampu mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Sebelumnya, saat melakukan penandatanganan berita acara serah terima barang hibah peralatan tersebut di Kantor Gubernur Kaltim, Yohanes Avun mengaku bersyukur atas bantuan Pemprov Kaltim tersebut karena Pemkab Mahakam Ulu belum bisa menambah peralatan perekaman KTP-elektronik mengingat anggaran yang terbatas.

Bantuan dari Pemprov Kaltim ini, katanya, melalui pos anggaran dari Dinas Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim. Selain Pemkab Mahakam Ulu, sejumlah kabupaten/kota lain di Kaltim juga mendapat bantuan yang sama.

Saat menandatangani berita acara penerimaan bantuan peralatan ini, Sekkab Mahakam Ulu didampingi Plt Kepala Disdukcapil Yordanius Dani dan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Mahakam Ulu Kristina Happy.

Saat ditemui setelah penandatanganan, Yohanes Avun minta dinas berwenang memanfaatkan bantuan hibah ini dengan sebaik mungkin, kemudian merawatnya agar peralatannya tidak mudah rusak.

"Peralatan ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk memelihara dan memanfaatkan dengan sebaik- baiknya. Dengan adanya penambahan alat perekam dan cetak KTP elektronik ini, maka pelayanan dalam pendataan penduduk khususnya KTP-elektronik agar lebih ditingkatkan," katanya.

Sementara Plt Sekprov Kaltim HM Sa’bani yang juga Staf Ahli Bidang Sumber Daya Alam (SDA), Perekonomian dan Kesra, dalam kesempatan itu mengatakan adanya bantuan ini, maka kabupaten/kota diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang administrasi kependudukan.

Sementara Kepala DKP3A Kaltim Halda Arsyad mengatakan bantuan yang dialokasikan melalui APBD ini nilainya sekitar Rp8,7 Miliar. Peralatan total ada tiga unit yang merupakan bantuan dari Pemprov Kaltim untuk tiga kabupaten/kota. 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020