Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalimantan Timur menargetkan bisa mewujudkan tiga Unit Transfusi Darah (UTD) mencapai standar nasional pada tahun 2020.

Hal itu, kata Ketua PMI Provinsi Kaltim Drs. Sayid Irwan, M. Hum, merupakan salah satu hasil Musyawarah Kerja Provinsi (Mukerprov) PMI Prov. Kaltim 27 Nopember 2019 di Markas PMI Kota Balikpapan yang diikuti 37 orang peserta utusan sembilan PMI kabupaten/kota se Kaltim dan Pengurus PMI Kaltim.

Gelar Mukerprov pertama periode kepengususan yang baru dilantik beberapa bulan lalu tersebut bertema "Bersama mewujudkan PMI Berkarakter, Profesional, Mandiri dan dicintai masyarakat".

Mukerprov mengevaluasi pelaksanaan program tahun 2019 dan berhasil menyepakati Rencana Kerja tahun 2020 diantaranya mengupayakan tiga Unit Donor Darah PMI mencapai standar nasional.

Ketika disinggung di kota mana saja tiga UTD standar nasional itu akan diwujudkan, itu tergantung dari hasil penilaian kapasitas dari UTD yang ada di kabupaten/kota.

"Mudah-mudahan apa yang kami rencanakan bisa terwujud dengan dukungan semua pihak sehingga tugas kemanusiaan itu memberikan manfaat dan kemudahan bagi seluruh lapisan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan atau keperluan darah," katanya.

Selain itu, program pelaksanaan Jumbara PMR ke-4 Tingkat Provinsi Kaltim,  penguatan kapasitas respon personel PMI di Kaltim, serta program2 lain yang sesuai Renstra PMI, kata Sayid Irwan. 
 
Mukerprov PMI Provinsi Kalimantan Timur (Antaranews Kaltim/HO/PMI Kaltim)
Pada pelaksanaan Mukerprov ini dilakukakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PMI Provinsi Kaltim dengan Bank Kaltimtara, BPD PHRI Kaltim, dan DPD IWAPI Kaltim. 

MoU dengan tiga mitra tersebut dalam rangka upaya pengembangan sumber daya PMI dan membangun jejaring. 

Setelah Mukerprov ditutup Ketua PMI Provinsi Kaltim pada Rabu (27/11) sore, selanjutnya seluruh peserta Mukerprov menghadiri Pembukaan Temu Relawan I PMI Kaltim di venue Dayung Waduk Manggar Balikpapan. 

Temu Relawan PMI Kaltim 2019 secara resmi dibuka Ketua Pengurus Pusat PMI Bidang Relawan H.M Muas, SH.

Pewarta: AHM

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019