Nunukan (ANTARA News Kaltim) - Ratusan warga di kawasan transmigrasi Desa Tabur Lestari, Kecamatan Sei Menggaris, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, mendapatkan pelayanan pengobatan dan sunatan massal gratis pada kegiatan bakti sosial Tim Ekspedisi Khatulistiwa 2012.

"Alhamdulillah masyarakat antusias mengikuti pelaksanaan pengobatan dan sunatan massal gratis ini," kata Kapten Marinir Mardiono, Perwira Penerangan dan Sejarah Tim Ekspedisi Khatulistiwa 2012 di Sei Menggaris, Selasa.

Kegiatan itu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan sebagai rangkaian pelaksanaan ekspedisi di Kabupaten Nunukan yang berbatasan dengan Malaysia.

Sebanyak 267 warga yang memeriksakan diri dan 32 anak-anak warga setempat yang sebagian besar merupakan warga transmigrasi ini menjalani sunatan massal.

Pengobatan dan sunatan massal yang digelar di Kantor Desa Tabur Lestari, Kecamatan Sei Menggaris itu dibuka sejak pukul 09.00-15.30 Wita.

Menurut dia, pengobatan dan sunatan massal gratis itu merupakan kegiatan komunikasi sosial yang pertama kali digelar dan selanjutnya akan melakukan kegiatan yang sama di Pulau Sebatik.

Kegiatan baksos di Pulau Sebatik yang juga berbatasan langsung dengan Sabah Malaysia ini akan digelar pada tanggal 20-25 Mei 2012, kata Mayor Inf Achiruddin, Wakil Komandan Sub Koordinator Wilayah 5 Nunukan Tim Ekspedisi Khatulistiwa 2012.

Dia menambahkan, dengan melihat banyaknya warga yang datang berobat dan anak-anak yang sunatan, maka tentunya kegiatan ini dianggap sukses. Berkat bantuan dan kerjasama semua pihak utamanya Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan, pemerintah Desa Tabur Lestari Kecamatan Sei Menggaris.

"Kita sangat bersyukur kegiatan baksos ini sukses," kata Achiruddin usai kegiatan.

Irwan, Ketua RT 3 SP1 Desa Tabur Lestari, Kecamatan Sei Menggaris, mengatakan, dengan adanya pengobatan dan sunatan yang digelar tim eksepeidisi khatulistiwa 2012 ini sangat membantu masyarakat transmigrasi di mana selama ini kurang mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Kami atas nama masyarakat SP1 sangat bersyukur dan berterima kasih dengan digelarnya pengobatan dan sunatan secara gratis ini," katanya. (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012