Samarinda  (ANTARA News Kaltim) - Partai Hanura Provinsi Kalimantan Timur membuka pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada Kaltim 2013.

Sekretaris DPD Partai Hanura Kaltim Mudiyat Noor di Samarinda, Minggu, mengatakan, kesempatan politik ini diberikan kepada masyarakat baik secara perorangan dan lintas partai karena Hanura ingin mencari pemimpin yang pantas diusung menjadi pemimpin Kaltim periode lima tahun mendatang.

"Kami membuka kesempatan penjaringan ini selama satu bulan terhitung Senin (23/4) hingga satu bulan ke depan bertempat di Sekretariat DPD Hanura di Jalan Cempedak Nomor 4 Vorvo Samarinda," kata Mudiyat Noor.

Menurut Mudiyat, pendaftaran cagub dan cawagub tersebut tidak ada persyaratan secara khusus, cukup dengan menyerahkan surat lamaran menjadi cagub atau cawagub untuk diserahkan kepada tim rekrutmen yang telah dibentuk oleh partai itu.

"Sejauh ini juga belum ada soal pengutan biaya pendaftaran alias masih gratis," kata Mudiyat.

Penjaringan calon kepala daerah dilakukan lebih awal oleh Partai Hanura dengan maksud supaya ada rentang waktu yang panjang bagi masyarakat untuk mengevaluasi calon guberbur dan wakil gubernur yang bakal dijagokan Partai Hanura.

"Kami sangat berharap calon pemimpin yang diusung benar-benar menjadi pilihan masyarakat dan tentunya bisa membawa perubahan untuk Kaltim lima tahun kedepan," kata Mudiyat.

Setelah satu bulan masa penjaringan, beberapa calon yang tersaring bakal dilakukan evaluasi untuk menentukan figur yang paling tepat menjadi kandidat calon pada pilkada Kaltim 2013.

"Berdasarkan aturan main di partai kami orang-orang yang mendaftar dan telah dievaluasi itulah yang akan kami usung menjadi calon untuk pPilkada mendatang," katanya.

Dia mengakui, memang fakta di lapangan, Partai Hanura Kaltim belum bisa mengusung calon gubernur dan wakil gubernur pada pilkada 2013 secara perorangan. Hal itu mengingat perolehan partai tersebut hanya 3 kursi di DPRD Kaltim dan belum memenuhi kuota untuk mengusung calon kepala daerah dan masih perlu berkoalisi dengan partai lainnya.

Namun demikian, Mudiyat tetap optimistos Partai Hanura masih diperhitungkan dalam pertarungan di pilkada Kaltim 2013. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012