Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupeten Kutai Timur gencar mengampanyekan Program "Disdukcapil Go Digital Menuju Indonesia Maju”.


Kepala Disdukcapil Kabupaten Kutai Timur Januar HPLA dihubungi dari Samarinda, Rabu (9/10), mengatakan program digital itu sebenarnya sudah dilaksanakan oleh instansinya.

Namun, lanjut dia, karena program itu masih tergolong baru sehingga banyak masyarakat yang belum paham dalam mengurus surat identitas dan lainnya menggunakan teknologi digital.

"Makanya kami terus gencar untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, supaya program ini berjalan dengan sukses," kata dia.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Ruang Meranti, Kantor Bupati, Rabu (9/10) dengan mengundang 150 orang sebagai peserta.

Januar mengatakan bahwa peserta sosialisasi mulai dari kepala OPD, camat, kabag, perwakilan instansi vertikal, KPUD, Panwaslu, organisasi wanita, perwakilan rumah sakit di Sangatta, perbankan, BPJS, Kantor Imigrasi, PDAM, PLN, kepala sekolah, peguyuban, serta perwakilan perusahaan.

“Sosialisasi ini untuk mewujudkan Nawa Cita pertama, yaitu pemerintah menghadirkan negara yang bekerja, memberikan rasa aman dan melindungi melalui peningkatan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil,” kata dia.

Dia mengatakan bahwa pelaksanaan sosialisasi melibatkan seluruh kepala bidang dari Disdukcapil Kutai Timur sebagai narasumber.

Kegiatan sosialisasi digelar selama sehari dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) nonfisik.

Ia mengatakan sosialisasi itu penting sebagai informasi terkini tentang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, sesuai Permendagri Nomor 61 Tahun 2015 Tahun 2018 tentang Peryaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk serta Pencatatan Sipil.

"Kami berharap Program Go Digital diketahui secara luas oleh masyarakat, dan yang paling penting masyarakat bisa menggunakan teknologi tersebut," kata Januar.

Pewarta: Wardi Kutim/Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019