Dua Partai Politik yakni Partai Golongan Karya ( Golkar) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP) di Kota Samarinda, Kalimantan Timur telah mulai membuka  pendaftaran bakal calon Wali Kota - Wakil Wali Kota Samarinda pada Pemilu 2020 mendatang.
 

Pada Senin, (16/9) di Kantor DPD Golkar Kota Samarinda, yang terletak di Jalan Dahlia, salah satu kandidat Wakil Walikota Apri Gunawan telah menyerahkan berkas pendafaran kepada tim penjaringan Partai Golkar.

Ketua tim penjaringan Calon Walikota Samarinda Partai Golkar, Yunan Kadir mengatakan bahwa ada sebanyak 14 kandidat yang telah mengambil formulir pendaftaran di partai berlambang Pohon Beringin tersebut.

"Apri Gunawan merupakan kandidat pertama yang telah menyerahkan berkas persyaratannya, dan untuk pengembalian berkas ini kami akan membuka sampai dengan 21 September mendatang," jelas Yunan Kadir.

Ia mengatakan bahwa calon yang mendaftar di Partai Golkar ini akan mengukuti beberapa tahapan seleksi, baik oleh tingkat pengurus di Kota dan Provinsi, hingga muncul tiga nama yang nantinya akan disampaikan kepada pengurus DPP Golkar di Jakarta.

" Penentuan calon yang terpilih akan ditentukan oleh DPP Partai Golkar, kami hanya menjalankan tahapan penjaringan awal," jelasnya.

Sementara itu pada hari yang sama, Senin( 16/9) DPD PDIP Perjuangan Kota Samarinda yang terletak di Jalan Remaja Kota Samarinda juga terlihat aktivitas politisi yang akan menyerahkan berkas pendafataran untuk Pemilu Kepala Daerah 2020 mendatang.

Ketua tim penjaringan Wali Kota- Wakil Wali Kota dari PDIP, Ahmad Sofian mengatakan sudah ada tiga orang kandidat yang telah menyerahkan berkas persyaratan ke PDIP.

Ia mengatakan tiga orang tersebut yakni Zuhdi Yahya yang juga merupakan kader PDIP dan saat ini menjabat anggota DPR RI dari PDIP, kemudian pengusaha muda Apri Gunawan dan terakhir Saefuddin Zuhri yang merupakan kader Partai Nasdem dan menjabat sebagai anggota DPRD Kaltim.

"Hari ini rencananya ada empat orang yang menyerahkan berkas, satu orang lagi yakni Zairin Zain yang telah mengkonfirmasi melalui timnya akan menyerahkan berkas pada senin malam ," jelas Sofian.

Ia menjelaskan sejak dibuka masa pendaftaran sepekan kemarin, total ada 12 kandidat calon Wali Kota- Wakil Wali Kota yang mengambil berkas pendaftaran.

"Informasinya pada Selasa (17/9) besok, bakal banyak kandidat yang menyerahkan berkas pendaftarannya," tegas Sofian.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019