Dinas Perkebunan (Disbun) Provibsi Kalimantan Timur terus berupaya memacu peningkatan produksi dan produktivitas komoditi tanaman perkebunan, khususnya kelapa sawit.


Kepala Bidang Pengembangan Komoditi Disbun Kaltim, Bambang Fajrul Fallah di Samarinda, Rabu, mengatakan, program peningkatan produksi kelapa sawit tersebut telah mendapatkan dukungan pendanaan dari APBD.

"Tahun ini kita kembali mendapat dukungan dana dari APBD untuk memacu pengembangan tanaman kelapa sawit rakyat melalui kegiatan perluasan komoditas perkebunan seluas 100 hektare, di Kecamatan Marangkayu, Kutai Kartanegara," kata Kepala Bidang Pengembangan Komoditi Disbun Kaltim, Bambang Fajrul Fallah di Samarinda, Rabu.

Bambang menjelaskan, wujud dukungan tersebut dengan diberikannya sebanyak 13 ribu bibit kelapa sawit kepada para petani.

Selain itu, lanjut Bambang dalam upaya mendorong peningkatan kualitas hasil produksi perkebunan juga dialokasikan bantuan berupa pupuk NPK dan herbisida.

"Ada 10 ton pupuk NPK dan 500 liter herbisida untuk perluasan areal komoditi kelapa sawit ini," sebut Bambang.

Bambang berharap alokasi perluasan lahan untuk komoditi kelapa sawit bisa dimaksimalkan dan diharapkan memberikan dampak yang positif untuk masyarakat setempat.

"Bantuan perluasan lahan imi sesuai komitmen Pemprov Kaktim dibawah kepemimpinan Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi. Utamanya upaya peningkatan taraf hidup masyarakat petani pekebun di kabupaten dan kota," kata Bambang. 

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019