Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser berhasil memadamkan kebakaran lahan di sekitar kawasan taman hutan rakyat (tahura) Lati Petangis.


Kabid Pengelolaan Tahura DLH Paser Teguh Haryanto mengatakan, kebakaran terjadi di lahan milik warga yang berdekatan dengan kawasan tahura.

"Beruntung api bisa dipadamkan petugas, jika tidak bisa merembet ke kawasan tahura, " kata Teguh, di Tanah Grogot, Sabtu (31/8)

Kebakaran terjadi  pada Jumat (30/8) kemaren di lahan seluas 3,5 hektare milik warga setempat, tepatnya di Desa Saing Prupuk.

Saat ini  DLH telah mensiagakan personel guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan tahura Lati Petangis.

"Ada  6 personel yang  jaga setiap hari," katanya.

Menurut Teguh, dengan luas Tahura sekitar 3.400 hektar, personil yang ada kurang memadai untuk mengatasi karhutla sehingga perlu dibentuk satu brigade karhutla.

Menurut Kasi perlindungan, Pengawetan dan Pemanfaatan Tahura DLH Paser Syarifuddin, Tahura sudah memiliki peralatan yang memadai untuk dibentuk satu brigade

Peralatan tersebut yakni mobil pemadam jeef 2 unit, mobil pemadam truck 2 unit, mobil water suplay truck 1 unit, satu buah motor, pompa punggung (genpo), pompa jinjing (waterex) dan peralatan karhutla lainnya, Tahura Paser dinilai layak dibentuk satu brigade karhutla.

"Brigade akan fokus menangani kebakaran hutan di kawasan Tahura dan juga bisa diberdayakan membantu jika ada kebakaran di tempat lain," ucap Syarifuddin.

Namun untuk pembentukan brigade, DLH Paser saat ini menghadapi persoalan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Apalagi ada edaran untuk tidak merekrut tenaga Pegawai Tidak Tetap (PTT). Itu jadi kendala," ucap Syarifuddin. (MC Kominfo Paser)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019