Guna mengurangi penggunaan sampah plastik pada kegiatan MTQ ke-41 Tingkat Kaltim, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser memberikan 1.000 buah tumbler atau tempat minuman  kepada para kafilah.


Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Paser Harjana, upaya tersebut dilakukan sebagai komitmen Pemkab Paser untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi penggunaan plastik.

“Ada 1.000 tumbler dan 1.000 tas yang sudah kami bagikan kepada peserta MTQ, kami sudah serahkan ke panitia. Ini supaya mengurangi penggunaan plastik,” kata Harjana, Selasa (27/8).

Konsekuensinya atas pemberian tumbler  DLH harus menyiapkan air minum gallon di pemondokan dan tempat terselenggaranya kegiatan MTQ.

Sebagai seksi kebersihan, DLH menginginkan pelaksanaan MTQ berjalan lancar  tanpa sampah plastik.

Sebelumnya, Bupati Paser melalui surat edaranya Nomor 660/845/DLH/2018 tertanggal 16 Oktober 2018, telah menginsturksikan kepada semua instansi termasuk kecamatan, untuk mengurangi penggunaan sampah plastik.

Komitmen ini menurut Harjana juga sebagai indikator penilaian Kabupaten Paser untuk meraih predikat Kota Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Ada beberapa item yang dinilai diantaranya adanya pengurangan sampah plastik dibanding tahun sebelumnya, serta kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan kota. (MC Kominfo Paser)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019