Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) Kaltim akan memberikan penghargaan kepada atlet, pelatih dan pembina olahraga Kaltim berprestasi 2011.

"Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi wartawan olahraga Kaltim terhadap atlet, pelatih dan pembina olahraga terbaik selama 2011 yang dijadwalkan diberikan pada akhir Maret 2012," kata Ketua SIWO PWI Kaltim, Iskandar Z Datu, di Samarinda, Selasa.

Dalam pemberian anugerah atau penghargaan itu, Iskandar menyatakan pihaknya akan berupaya menilai dengan objektif tentang atlet, pelatih dan Pembina olahraga berprestasi terbaik Kalimantan Timur 2011.

"Pekan depan, sejumlah wartawan olahraga senior di Kaltim akan kita undang untuk melakukan pemilihan atlet, pelatih dan pembina olahraga berprestasi di Kaltim," katanya.

Para wartawan senior itu akan memilih satu nama atlet (beregu), pelatih atau Pembina olahraga dari data yang akan diberikan Binpres (Pembina Prestasi) KONI Kaltim.

"Untuk kretaria bagi atlet dan pelatih, tentu akan dipilah menjadi tiga kelompok, yakni bagi yang berprestasi di tingkat nasional, regional dan internasional," ujar dia.

Namun, lanjutnya, untuk SIWO Award 2011 ada pembatasan, yakni anugerah itu hanya diberikan kepada atlet, pelatih dan pembina olahraga yang belum mendapat penghargaan dari pihak atau lembaga lain.

Misalnya, pada HUT Kaltim 2012, Pemprov Kaltim telah menganugerahkan penghargaan kepada atlet dan pelatih berprestasi Kaltim.

Pembatasan ini dimaksudkan agar tidak terjadi pemberian penghargaan ganda, maka SIWO PWI Kaltim akan menggali data prestasi mereka melalui dukungan data Binpres KONI Kaltim.

"Hal ini kami ungkapkan agar mengantisipasi kemungkinan terjadinya polemik dari nama atlet, pelatih dan Pembina olahraga yang mendapat anugerah SIWO Award 2011," ujarnya.

Tujuannya pemberian anugerah di antaranya, agar para atlet dan pelatih tersebut dapat berprestasi lebih tinggi, apalagi momentumnya sangat tepat karena menjelang PON XVIII-2012 Riau serta digelarnya Puslatda (Pemusatan Latihan Daerah) PON Kaltim di Sempaja, Samarinda. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012