Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur diminta untuk meningkatkan pengawasan terhadap jembatan timbang untuk menghindari terjadi tindakan pelanggaran yang dilakukan oleh para petugas .
 

Anggota  DPRD Kaltim Gunawarman kepada awak media mengatakan dengan adanya pengawasan rutin, setidaknya bisa mencegah terjadinya pelanggaran yang terjadi.

"Kewenangan jembatan timbang memang telah diambil alih pemerintah pusat akan tetapi dalam hal pengawasan daerah juga memiliki tanggungjawab karena yang merasakan efeknya adalah daerah yang bersangkutan," kata Gunawarman.

Pasalnya, sejatinya keberadaan jembatan timbang merupakan sarana untuk mengukur berat kendaraan pengangkut produk seperti truk angkut, truk kontainer, dan semacamnya agar tak melebihi kapasitas badan jalan yang telah ditentukan.

Logo-DPRD Kaltim (Dok Antaranews Kaltim)

"Kalau berat kendaraan yang melintas sering kali melebihi ketentuan maka sudah pasti akan memangkas usia jalan sehingga menyebabkan banyak kerusakan yang pada akhirnya membahayakan para pengguna jalan," tuturnya

Oleh karena itu ia berharap petugas dan pemerintah lebih tegas dalam menegakkan aturan jika jalan tersebut  dilalui truk kontainer, trailer melebihi kapasitas jalan akan cepat rusak , sehingga sangat penting pengawasan dan jembatan timbang.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019