DPRD Provinsi Kalimantan Timur mengharapkan pemerintah setempat dapat menggerakkan kembali peran koperasi sebagai penggerak perekonomian masyarakat yang tengah mengalami penurunan.
 

Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kaltim Muspandi kepada awak media di Samarinda, Senin, mengatakan, banyak sektor ekonomi daerah yang bisa dikembangkan melalui koperasi seperti bidang pertanian, perkebunan dan perikanan.

Pasalnya lanjut dia, sejumlah sektor ekonomi tersebut sudah mulai berkembang di setiap Kabupaten/ Kota di Kaltim, dengan binaan sejumlah perusahaan swasta yang ada di Kaltim.

"Koperasi merupakan basis ekonomi kerakyatan, karena itu pemerintah daerah harus menguatkan koperasi yang sudah ada dan terus mengembangkan ke seluruh kabupaten/kota se-Kaltim sebagai wujud kepedulian kepada nasib ekonomi Kaltim,” kata Muspandi.

Politikus PAN ini juga menyebutkan pemerintah hendaknya tidak hanya mendorong masyarakat untuk memanfaatkan koperasi sebagai salah satu penggerak ekonomi saja melainkan harus dibina dan diberikan pendampingan dengan sistem berkala.
 

Logo-DPRD Kaltim (Dok Antaranews Kaltim.com)

"Berikan peningkatan sumber daya manusia hingga mampu berkualitas dan memiliki daya saing, serta memberikan penghargaan kepada koperasi dengan grafik pertumbuhan cukup baik,” tuturnya.

Pengembangan koperasi, sebut dia, hendaknya dimulai sejak dini, yakni mulai di sekolah dan kampus, baik berupa simpan pinjam ataupun lainnya.

Hal Ini bertujuan mengajarkan dan memberi pengalaman kepada generasi muda untuk nantinya mampu mengembangkan koperasi.

"Komisi II akan selalu mendukung program yang berkaitan dengan peningkatan perekonomian masyarakat termasuk koperasi,” kata Muspandi.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019