Anggota DPRD Kaltim Rita Artaty Barito mengajak warga Kaltim untuk lebih meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.
 

Menurutnya apabila diimbauan dan ajakan tidak mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bijak terhadap lingkungan maka perlu adanya tindakan tegas dari pihak berwenang.

"Siapapun yang membuang sampah tidak pada tempatnya harus ditindak tegas sesuai dengan peraturan daerah yang dimiliki kabupaten/kota. Sebab melihat kondisi saat ini, imbauan saja tidak mampu merubah sikap dan perilaku masyarakat untuk bijak terhadap lingkungan," katanya.

Rita Artaty Barito dari Partai Golkar mengatakan menjaga kebersihan lingkungan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga menjadi tanggung jawab warga.

"Agar kota kita ini lebih nyaman dihuni, mari kita bersama-sama berkomitmen menciptakan daerah yang ditinggalai khususnya Kota Samarinda menjadi kota sehat, bersih dan rapi dengan bertanggungjawab menjaga lingkungan sekitar," tuturnya.

Logo-DPRD Kaltim (Dok Antaranews Kaltim)

Hal itu kata dia, untuk menjaga agar Kaltim terutama Samarinda sebagai ibukota terbebas dari banjir.

Rita menambahkan, kurangnya kesadaran masyarakat menjaga lingkungan dengan kerap membuang sampah sembarangan seperti di selokan dapat membuat buntu drainase hingga air tidak bisa mengalir normal.

 Apalagi jika musim penghujan tumpukan sampah plastik maupun botol-botol minuman bekas membuat tersumbat drainase sehingga menyebabkan banjir.

"Kesadaran  dan kepedulian warga menjaga lingkungan sangat penting, sehingga dapat mengurangi banjir yang kerap kali melanda Kota Samarinda,"katanya.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019