Pemerintah Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara meraih juara 1 dalam penghargaan Paritrana Award 2019 tingkat kabupaten dan kota secara nasional yang digelar oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK), Rabu.


"Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada pemerintah kabupaten dan kota yang sangat peduli akan jaminan sosial bagi tenaga kerja di daerah," kata Plt Kepala BPJSTK Manado Adi Shafah saat menghubungi di Manado, Rabu.

Adi mengatakan penghargaan itu merupakan apresiasi yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan untuk pemerintah daerah dan perusahaan di Indonesia yang mendukung penuh implentasi dan tertib administrasi jaminan sosial ketenagakerjaan.

Dia mengatakan dalam kegiatan Paritrana Award 2019, Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan penghargaan secara simbolis kepada para pemenang dari kategori pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

Ia mengatakan bahwa dalam gelaran penghargaan tersebut setidaknya ada puluhan Pemprov, ratusan Pemkab/kota, perusahaan skala besar, menengah dan UKM yang ikut berpartisipasi.

Tahun ini, sebanyak 33 Pemerintah Provinsi, 105 Pemerintah Kabupaten Kota, 89 Perusahaan Skala Besar dan 80 Perusahaan Skala Menengah serta 33 UKM (Usaha Kecil dan Mikro) turut berpartisipasi untuk merebut Anugerah Paritrana.

"Kita Bitung mendapat juara 1 tingkat kabupaten dan kota dengan hadiah berupa mobil dan piala. Sedangkan UMKM diraih oleh Rumah Es Miangas dengan dana pembinaan sebesar Rp30 juta," ujarnya.

Adi menjelaskan Anugerah Paritrana ini merupakan inisiasi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko-PMK) bersama BPJS Ketenagakerjaan sejak 2017 lalu.

Ia berharap dengan diadakannya anugerah itu dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah dan perusahaan untuk lebih termotivasi memberikan perlindungan kepada seluruh pekerjanya.

Ia mengatakan semoga Anugerah Paritrana ini menjadi pemicu semangat yang dapat memotivasi semua pihak, agar perlindungan menyeluruh bagi seluruh pekerja di Indonesia dapat segera terwujud.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019