Komite Olahraga Nasional (KONI) Kabupaten Paser mengupayakan pencairan dana bonus untuk para atlet yang telah berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim bisa diberikan pada bulan Juli mendatang.


"Harapan kami di bulan Juli sudah bisa dicairkan untuk bonus para atlet yang telah meraih prestasi pada Porprov  lalu," kata Ketua KONI Paser, Totok Sumardiono di Tanah Grogot, Selasa (25/6).

Sebab bonus untuk para atlet Porprov  sebelumnya telah dianggarkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser melalui APBD 2019. 

Ia mengatakan sebelumnya Bupati Paser telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Hibah kepada KONI terkait pemberian bonus atlet tersebut.Sebagian penyaluran bonus melalui rekening KONI Paser dan sebagian lagi melalui rekening Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata.

Totok Sumardiono menyebutkan pada Pekan Olahraga Provinsi  Kaltim di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur Desember 2018 lalu, atlet Paser meraih total 95 mendali di antaranya 17 emas, 34 perak, dan 54 perunggu. 

Menurutnya perolehan mendali ada yang perorangan dan beregu, tapi total keseluruhan 95 mendali yang diperoleh. Untuk peraih emas akan mendapatkan bonus Rp25 Juta, sehingga total bonus atlet sekitar Rp2 miliar.

Totok Sumardiono mengemukakan terkait dana talangan atau hutang KONI Paser kepada pihak lain,  akan mencarikan dana di luar alokasi anggaran bonus tersebut. 

"Kami akan bayar hutang KONI  dari sumber lain dan beban  yang menjadi tanggungan masih banyak. Persoalannya jika dibayarkan dari alokasi anggaran bonus tidak mungkin," pungkas Totok.
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019