Kunjungan jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim dalam rangka pembinaan BUMDes di Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur menyasar tiga BUMDes sekaligus. Diawal, mereka mengunjungi BUMDes Swarga Mitra Mandiri, kemudian BUMDes Sangatta Utara, dan BUMDes Prima Gembira.


"Dalam kunjungan yang dilakukan Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat, SDA, dan Teknologi Tepat Guna (UEM, SDA, dan TTG) DPMPD Kaltim ke Kecamatan Sangatta Utara, ada tiga BUMDes berhasil dikunjungi,” ujar Kabid UEM, SDA, dan TTG DPMPD Kaltim, Rusniati saat melakukan kunjungan ke BUMDes Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, Jum'at (5/4).

Dia mengaku terkesan dengan kegiatan usaha yang dikembangkan BUMDes ,seperti BUMDes Sanggatta Utara, pengelola banyak kegiatan usaha  seolah tidak kehabisan ide untuk terus mengembangkan unit usahanya. Oleh karena itu ia berpesan agar BUMDes Sangatta Utara terus mengelola BUMDes dengan baik sebagaimana wadah penggerak usaha ekonomi masyarakat.

Kemudian BUMDes kedua yang dikunjungi berdiri sejak 2013 dibawah pengelolaan Direktur Ahmad Rifandi. Menurutnya selama enam tahun berdiri pemerintah desa sudah menggelontorkan modal tidak kurang dari Rp500 juta ditambah hibah bangunan dan alat dari Pemkab Kutai Timur sebesar Rp530 juta. Adapun bidang usaha yang dikelola mulai dari taman bersemi, pengelolaan air bersih, karaoke, listrik, dan kedai BUMDes.

Afandi menuturkan, usaha pengelolaan listrik tersebut diterapkan dengan sistem sewa kepada para pedagang yang berjualan di taman bersemi.

"Tapi dari kelima usaha yang digeluti pengelolaan taman bersemi lah yang paling primadona. BUMDes menyewakan tempat berjualan kepada masyarakat desa dengan jumlah lapak dagang sekitar 120 kios, sehingga sangat memberikan pemasukan dalam pendapatan BUMDes,” ungkapnya.

Selain itu, BUMDes Sangatta Utara juga mendapat hibah dari PT Kaltim Prima Coal berupa alat pembuat ice cream yang mampu memproduksi ice cream sebanyak 50 cup dalam sekali pembuatan.  Bahan baku ice cream diperoleh dari peternakan sapi terpadu binaan PT Kaltim Prima Coal. Pemasaran ice cream sementara masih dijajakan di taman bersemi dan pada saat ada pesanan acara pernikahan.

"Pada 2019 BUMDes juga akan mendirikan bidang usaha baru yakni BUMDesmart yang akan berlokasi di jalur utama Samarinda- Sangatta – Berau. Modal sudah dianggarkan dalam APBDes Desa Sangatta Utara 2019,"sebutnya.

Sedangkan terkait keuntungan, BUMDes  yang dikelola selama tiga tahun mengelola melakukan unit usaha yang mampu memberikan kontribusi kepada Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar Rp86 juta.

 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019