Bocah cilik di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, terinspirasi ingin menjadi prajurit TNI dengan kehadiran Satuan Tugas atau Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 di daerah mereka.

Komandan Rayon Militer atau Danramil 04/Sepaku Kodim 0913/Penajam Paser Utara Kapten Inf Priyanto saat ditemui, Jumat, mengatakan, keberadaan prajurit TNI di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, menarik perhatian anak-anak TK (taman kanak-kanak) dan SD (sekolah dasar).

"Mereka belum pernah melihat dan merasakan kehadiran prajurit TNI dengan jumlah banyak dalam waktu cukup lama," jelasnya.

Keberadaan prajurit Komando Distrik Militer atau Kodim 0913/Penajam Paser Utara menjadi daya tarik anak-anak di Dusun 4 Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku.

Dengan tingkah mereka yang polos dan lugu, prajurit TNI mengajak bersenda gurau, dan melontarkan pertanyaan tentang cita-cita mereka bila sudah besar.   

"Saat mengobrol bersama anak-anak, saya bertanya cita-cita mereka dan dijawab ingin menjadi tentara," kata Proyanto.

Jawaban yang sama terlontar dari setiap anak-anak yang ditanya mengenai cita-cita, dan ketika ditanya kepada seluruh anak-anak yang diajak bercengkrama tersebut jawaban serempak dari para bocah cilik "Saya Ingin Jadi Prajurit TNI".

"Jadi TNI gagah, tidak galak dan mau bermain bersama Rafi dan teman-teman Rafi," ujar Rafi salah satu anak-anak di Dusun 4 Desa Tengin Baru ketika ditanya alasan mengapa ingin jadi TNI.

Saat anak-anak mencoba memakai topi TNI menurut Kapten Inf Priyanto,  mereka sangat bangga dan terlihat terharu, dan benar-benar berharap dikemudian hari bisa menjadi anggota TNI.

Melihat kondisi tersebut, diharapkan tunas-tunas bangsa itu akan berkembang dan tumbuh menjadi anak-anak yang hebat dan punya jiwa patriotisme serta nasiomalisme yang tinggi terhadap bangsanya.

Derasnya kemajuan teknologi dan informasi dapat dimanfaatkan anak-anak untuk hal positif, sehingga tidak terjerumus pada aktivitas yang merugikan dan merusak masa depan mereka.
 

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019