Enam pemuda Kutai Timur (Kutim) diberangkatkan untuk mengikuti Jambore Pemuda Daerah Kalimantan Timur (Kaltim) ke-8 tahun 2019 di Kota Bontang. 


Keenam pemuda itu dilepas Wakil Bupati H. Kasmidi Bulang mewakili Bupati yang sedang mlaksanakan tugas kedinasannya di Kecamatan Sangkulirang, Kamis (28/2).

"Saudara-saudara diikutkan tentunya bukan hanya untuk memenuhi kuota tapi saat disana mampu berinteraksi, jika ada wawancara, seminar atau ada kegiatan lainnya saudara dapat memperkenalkan Kutim," katanya.

Selain itu, selama disana usahakan dapat memberikan yang terbaik agar Kutim bangga mengutus orang dan bangga pulang mendapatkan prestasi, tambah Kasmidi di Halaman Kantor Bupati.

Menurut Wabup, delegasi Kutim baik di tingkat SD, SMP maupun SMA selalu ditekankan untuk memperkenalkan Kutim dalam setiap kegiatan yang diikuti. 

Baik ditingkat provinsi maupun nasional, hasilnya tidak sedikit yang memberikan kebanggaan bagi Kutim dengan prestasinya.

"Semoga kebanggaan itu selalu tetap terjaga, saya berharap dan berpesan untuk menjaga kepercayaan sebagai duta, sebagai wakil kita yang ada di Kutim  dengan menunjukkan Kutim kabupaten layak pemuda,” pesan Kasmidi.

Sementara, Plt Kadis Pemuda dan Olahraga Kutim, H. Darmansyah mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang memang harus diikuti Dispora. 

Disamping itu, karena Kabupaten Kutim sudah mendapat penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo sebagai Kabupaten Layak Pemuda maka Kabupaten Kutim dijadikan rujukan kabupaten/kota lainnya, sebagai Kabupaten Layak Pemuda.

"Syukur Alhamdulillah kita dapat melepas pemuda mengikuti jambore,  pelaksanaan jambore pemuda daerah ini melalui tahapan seleksi untuk menyaring pemuda/pemudi yang memiliki wawasan kepedulian terhadap perkembangan dan kemajuan kepemudaan Kutim khususnya dan Kaltim pada umumnya,” kata Darmansyah.

Untuk diketahui, kegiatan yang mengusung tema "Mewujudkan Pemuda Yang Cerdas, Santun, Kreatif, Mandiri dan Prestasi dalam Meraih Masa Depan" tersebut dilaksanakan 3–7 Maret 2019. 

Dengan rangkaian kegiatan diantaranya defile peserta, tes tertulis, wawancara, rapat koordinasi pejabat Disporasi Kaltim, persentasi kabupaten layak pemuda, pentas seni, seminar, bakhti sosial, kunjungan lapangan kebeberapa instansi dan perusahaan, terakhir renungan dan api unggun. (hms15)

Pewarta: Wardi Kutim

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019