Bontang, (ANTARA Kaltim News)- Perum Gadai Cabang Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim), memberikan layanan western union jasa  pengiriman uang dari dan ke berbagai negara dengan teknologi online dan real time menjangkau ke berbagai pelosok.

Western Union (WU) adalah jasa pengiriman uang dari dan ke berbagai negara di dunia, menggunakan tekologi elektronik secara online dan real time menjangkau ke berbagai pelosok / penjuru dunia termasuk Indonesia.

Di Bontang banyak pemain sepak bola asing mengunakan jasa WU sebagai jasa kirim/transfer uang karena aman, mudah, cepat dan terpercaya,  kata Kepala Perum Pengadaian Cabang Bontang, Sudarto, di Bontang, Rabu.

Omzet perbulan dari WU Perum Gadai Cabang Bontang berkisar Rp50 juta.  Omzet ini mencakup kiriman pemain sepak bola asal Uruguay maupun kiriman uang ke berbagai pelosok di tanah air.

Tarif dikenakan untuk WU sesuai besaran kiriman uang, ke luar negeri berkisar lima juta rupiah dengan dikisaran biaya Rp345.000, sementara kiriman dalam negeri dikisaran Rp2.000.000 dengan tarif biaya Rp25.000, ujar Sudarto.  

Menurutnya keunggulan WU dibandingkan dengan jasa pengiriman uang lainnya, dalam hitungan detik uang sudah dapat diambil, tersebar di sekitar 200 negara dan 170.000 agen, aman karena dilengkapi dengan sistem yang aman.

Biaya pengiriman yang terjangkau, tidak perlu punya rekening bank atau punya domisili di suatu tempat, pada umumnya hanya pengirim uang yang dikenakan biaya, tidak ada jumlah minimal uang yang dikirim.

WU dapat ditemui di banyak tempat yang juga melayani jasa keuangan dan pengiriman barang dengan plakat WU maka bisa dilakukan pengambilan uang, terangnya.

Jika dulu berbagai bank melayani WU sekarang ini tidak lagi, tinggal kantor pos dan pengadaian yang keduanya memiliki cakupan di berbagai pelosok di Indonesia maupun di Negara masing-masing.

Baik si penerima maupun pengirim dapat secara bersamaan berada di WU yang berbeda dan berkomunikasi  via ponsel pribadi untuk mengirim dan menerima uang dalam waktu yang hampir bersamaan.

Jika sudah on line waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman uang tidak sampai lima menit, kalau seperti saat ini karena Bontang masih off line maka data dikirim via sms ke Balikpapan dan dari sana dilakukan proses pengiriman.

"Total waktu yang dibutuhkan untuk WU melalui Bontang 15-30 menit," pungkas Sudarto.(*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011