Penajam (Antaranews Kaltim) - Warga binaan di sejumlah rumah tahanan di Kalimantan Timur yang teridentifikasi sebagai penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara, akan diberikan surat keterangan pengganti KTP elektronik agar dapat menggunakan hak politiknya pada Pemilu 2019.

"Kami keluarkan surat keterangan untuk warga binaan Kabupaten Penajam Paser Utara yang ditahan di rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan di luar daerah," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Penajam Paser Utara Suyanto di Penajam, Jumat.

Sedkikitya  ada 26 lembar surat keterangan telah diterbitkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk warga binaan yang ditahan di Rutan di luar daerah.

Menurutnya surat keterangan pengganti KTP elektronik itu diberikan kepada warga binaan yang telah teridentifikasi sebagai penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara.

Rutan yang menjadi sasaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara antara lain, Rutan Sempaja, Rutan Samarinda dan Rutan khusus wanita di Tenggarong.

Suyanto mengatakan di Rutan Samarinda teridentifikasi  ada 23 warga binaan  yang merupakan penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara dan satu satu warga binaan teridentifikasi di Rutan Sempaja. Kemudian tiga warga binaan lagi  di Rutan khusus wanita Tenggarong.

Warga binaan yang teridentifikasi sebagai penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut jelas Suyanto, diberikan surat keterangan pengganti KTP elektronik yang disalurkan melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

"Penyaluran surat keterangan pengganti KTP tersebut nantinya disalurkan melalui Pemerintah Provinsi Kaltim untuk diteruskan ke masing-masing rumah tahanan dan  selanjutnya diberikan kepada warga binaan bersangkutan," ucapnya.

Sementara untuk ratusan warga Kabupaten Penajam Paser Utara yang ditahan di Rutan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, termasuk belasan warga binaan yang baru melakukan perekaman data KTP elektronik juga telah diberikan surat keterangan.

Suyanto menargetkan perekaman data kartu tanda penduduk elektronik di Penajam Paser Utara menjelang Pemilu 2019 mencapai 99,05 persen.(*)
 

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019