Balikpapan, (Antaranews) – Gerakan bijaksana menggunakan plastik terus digaungkan di Kota Minyak. Di media sosial, gerakan itu dipopulerkan dengan sebutan #BhayPlastik.

    
“Semua orang dapat berpartisipasi,” kata Manager Telkomsel Branch Balikpapan Yanuar Wisaksono Trihantoko di Loop Arena Pantai Manggar,  Minggu.

    
Perusahaan penyedia jasa telekomunikasi seluler Telkomsel menjadi satu sponsor gerakan tersebut yang mulai mengemuka di Balikpapan sejak Desember 2018.

    
Bijaksana menggunakan plastik artinya mengurangi pemakaian barang-barang dari plastik, terutama yang sekali pakai dan digunakan sebagai pembungkus atau pengemas, botol minuman, atau peralatan makan.

    
“Kita ganti penggunaan plastik sekali pakai seperti gelas atau botol,  tas, dan  sedotan plastik dengan tumbler, tote bag, dan stainless straw,” papar Gilang Radhitya Pratama dari Yayasan BOSS (Borneo Solidaritas Sosial) Balikpapan pada kesempatan yang sama.

    
Tumbler adalah botol plastik juga, namun bisa aman dipakai berkali-kali karena menggunakan jenis plastik yang berbeda dibandingkan plastik untuk botol air dalam kemasan. Tote bag adalah tas jinjing dengan bahan yang kuat dan awet seperti kain kanvas atau nilon sehingga bisa dipakai berkali-kali. Stainless straw atau sedotan logam digunakan untuk menggantikan sedotan plastik yang sekali pakai.

    
Di Pantai Manggar yang ramai oleh warga yang berwisata dan bersantai itu, sejumlah komunitas menggelar kegiatan sesuai dengan tema. Ada Trash Run atau lari sambil mengumpulkan sampah sepanjang jalur lari, ada juga Plastalk atau ceramah dan tanya jawab mengenai sampah plastik dan cara memanfaatkan plastik bekas menjadi karya yang kembali berguna dan bisa mendatangkan untung.

    
“Ada juga Plastic Police, yaitu bagi-bagi totebag ke pengunjung,” kata Humas Telkomsel Balikpapan Arif Soeyitno.

    
Kegiatan juga diramaikan pertandingan bola basket tiga lawan tiga dan jejeran kuliner makanan dan minuman yang pembeliannya harus dengan T-Cash, uang digital yang diselenggarakan Telkomsel.

    
Soeyitno menambahkan, gerakan #BhayPlastik disponsori Telkomsel juga di 10 kota lain di Indonesia, yaitu Medan, Pekanbaru, Lampung, Serang, Bogor, Cirebon, Semarang, Malang, Makassar, dan Manado.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019