Samarinda (Antaranews Kaltim) – Kabupaten Berau terus mempersiapkan rencana perhelatan Pekan Daerah (PEDA) X Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Provinsi Kaltim 2019. 


Pemprov Kaltim menghadirkan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai unsur kepanitian dan Pemkab Berau sebagai tuan rumah untuk mematangkan persiapan pelaksanaan.

Rapat koordinasi yang berlangsung singkat tersebut membahas berbagai hal yang sudah dilakukan kepanitiaan maupun tuan rumah untuk menyukseskan ajang silaturahmi dan tukar menukar informasi petani dan nelayan andalan di seluruh wilayah Kaltim tersebut. 

Asisten II Sekkab Berau Mansyah Kelana mengatakan, persiapan pelaksanaannya sudah mencapai 75 persen. 

"Tinggal action atau pelaksanaannya saja," kata Mansyah Kelana saat menghadiri Rapat Koordinasi Kepanitiaan PEDA X KTNA Kaltim 2019, di Ruang Rapat Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (14/2).

Berbagai sarana prasarana penunjang diakui sudah disiapkan dengan baik. Mulai dari tempat pelaksanaan, pemondokan ribuan peserta yang hadir, hingga jalan menuju lokasi pelaksanaan.

Dia mengklaim Pemkab Berau sudah mengalokasikan anggaran sekitar Rp10 miliar untuk peningkatan kualitas jalan dengan hotmix. 

"Jangan sampai becek dan sebagainya di lokasi acara," ujarnya.

Selanjutnya dia berharap semua pihak terkait lebih meningkatkan koordinasi terkait anggaran pelaksanaan. Harus sinkron agar tidak teranggarkan ganda. 

Dianggarkan di provinsi juga di kabupaten, tapi harus dibagi sesuai porsi kewenangan masing-masing.

"Yang jelas ini kegiatan positif. Kita berharap dapat memberikan output meningkatnya kesejahteraan petani dan nelayan. Jangan sampai setelah kegiatan habis begitu saja, tapi harus ada hasil nyata," katanya.

Sependapat dengan itu, Kepala Dinas Pangan Pertanian Tanaman Pangan Kaltim Ibrahim mengatakan, berdasarkan laporan tim yang melakukan orientasi lapangan ke Kabupaten Berau menunjukan persiapan berjalan baik.  Kabupaten Berau terlihat sangat siap menjadi tuan rumah PEDA KTNA.

"Teman-teman sudah cek lokasi. Tidak perlu diragukan sangat siap. Lokasi display, tempat pembukaan, dan pemondokan siap," sebutnya.

Sedangkan terkait waktu pelaksanaan, Ibrahim belum bisa memastikan apakah awal Juli atau akhir Juli. Penetapannya masih menyesuaikan jadwal Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim.

Teks Foto :  Asisten II Sekkab Berau, Mansyah Kelana (kanan) berdampingan dengan Kepala Dinas Pangan Pertanian Tanaman Pangan Kaltim, Ibrahim dan Kepala Biro Ekonomi Setprov Kaltim, Nazrin saat Rapat Koordinasi Kepanitiaan PEDA X KTNA Kaltim 2019, di Ruang Rapat Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (14/2).

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019