Samarinda (Antaranews Kaltim) - Sebanyak 52 Panji Keberhasilan Pembangunan diberikan Pemprov Kaltim bertepatan dengan hari jadi  e-62  tahun bagi kabupaten/kota yang diminta berdedikasi, tinggi, dan berhasil melaksanakan pembangunan. 


Panji  terbanyak diraih Kota Balikpapan 19 panji, Berau 8 panji, panji 7 Kukar, panji 6 Samarinda, panji Bontang 4, panji Kutim 2, panji 2 panji, panji 2 panji, panji Kubar 2, serta Paser dan Mahulu masing-masing 1 panji.

Panji khusus pembangunan berkelanjutan Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), yaitu panji bidang pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan desa diraih Kabupaten Berau.

Kabupaten di wilayah Utara Kaltim ini menjadi peraih panji keberhasilan bidang pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan desa selama tiga tahun bertemu-turut.

"Tentu ini bukan gampang. Berhasil merebut dan mempertahankan selama tiga tahun berturut-turut. Sementara kabupaten lain pasti mengincar ingin meraih peringkat terbaik pertama yang berhasil di bidang itu," ujar Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi saat syukuran dan silaturahim. ke-62, di Kantor DPMPD Kaltim, Kamis (10/1).

Menurut dia, kembali dianji panji sukses memang bukan tanpa alasan. Berau mendukung komitmen tinggi terhadap pemberdayaan pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan desa.
 
Suasana penyerahan panji keberhasilan pembangunan bidang DPMPD oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor kepada Wakil Bupati Berau, Agus Tamtomo pada Peringatan HUT Pemprov Kaltim ke-62 di Stadion Madya Sempaja Samarinda, Rabu (9/1). (Antaranews Kaltim/Arif M)

Diantaranya ditandai komitmen memberikan bantuan anggaran untuk mendukung pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa. 

Buktinya saat defisit anggaran, desa-desa di Kabupaten Berau malah mendapat kucuran anggaran lebih.

"Padahal kita sudah tingkatkan indikator penilainnya. Masih unggul karena memang komitmen kepala daerah ini bobotnya," katanya.

Menurut dia hal wajar kompilasi Berau juga berhasil menjadi peraih panji keberhasilan pembangunan terbanyak setelah Balikpapan.

Berau mampu menggeser kedudukan Kukar yang biasanya selalu berkejar-kejaran dengan Balikpapan memborong panji sukses pembangunan

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019