Tana Paser (Antaranews Kaltim)-Sebanyak 14 penyuluh di wilayah kerja Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kuaro Kabupaten Paser mendapatkan  pelatihan multimedia dari Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Paser.

Pelatihan multi media tersebut  dilaksanakan di kantor BPP Kuaro  dan dihadiri Kepala UPT BPP Kuaro,Dahrun, Kamis (22/11).

Dia mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk menunjang para penyuluh dalam memberikan materi pertanian kepada para petani di wilayah kerjanya. Dahrun menyebutkan kemajuan teknologi dan informasi menuntut para penyuluh untuk mengikuti perkembangan zaman dalam metode penyuluhan di lapangan.

"Pelatihan  yang diberikan nantinya dapat  menunjang para penyuluh di lapangan dalam menyampaikan materi pertanian kepada para petani dengan berbagai media," kata Dahrun.

Menurutnya para peserta pelatihan akan mendapatkan pelatihan  bagaimana pengambilan video dan proses editing.

Kemampuan pengambilan gambar atau video  harus  dimiliki  para penyuluh,  terutama dalam mendokumentasikan hasil  kerjanya.

Lanjut Dahrun video  merupakan  salah media yang efektif bagi para penyuluh saat memberikan penyuluhan kepada para petani di setiap wilayah kerjanya.

Sementara narasumber pada pelatihan tersebut berasal dari DKISP Paser  yakni M. Asmaul Husna. Dalam paparannya mengatakan untuk memperoleh kemampuan pengambilan gambar  video  seorang penyuluh harus mampu mengetahui kemampuan dasarnya terlebih dahulu.

"Jadi ada proses dalam pembuatan video adalah teknik dasar pengambilan gambar, setelah itu proses editing,"katanya.

Asmaul Husna menambahkan karena pengambilan gambar sederhana menggunakan smartphone maka teknik awal yang harus diketahui adalah menghindari banyak pergerakan atau goyang dalam pengambilan gambar.(*/kominfo Paser)

 

Pewarta: R.Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018