Batu Engau (Antaranews Kaltim) - Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Paser Katsul Wijaya melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Ribhatul Khail di Desa Kerang Kecamatan Batu Engau, Rabu (14/11).



Proses peletakan batu pertama pembangunan masjid itu disaksikan tokoh masyarakat dan tokoh agama Kecamatan Batu Engau,  Camat Paulus Marghita dan perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan setempat.

Asisten Kesra Setda Paser Katsul Wijaya berharap pembangunan masjid tersebut dapat segera terealisasi dalam waktu dekat, sehingga masyarakat Kecamatan Batu Engau memiliki masjid yang besar dan representatif.

Sebab masjid yang ada sebelumnya dinilai belum cukup untuk memenuhi jemaah sehingga perlu direlokasi dan dibangun masjid yang baru.

"Harapannya semoga relokasi bisa terealisasi dalam waktu dekat. Bangunan masjid ini cukup besar. Semoga bangunannya representatif bagi masyarakat Islam di Kecamatan Batu Engau," kata Katsul.

Dengan bangunan masjid yang cukup besar kata Katsul, maka diperlukan juga alokasi dana yang tidak sedikit. Dia berharap partisipasi dari berbagai pihak seperti masyarakat dan para pengusaha khususnya yang ada di kecamatan itu.
Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Paser Katsul Wijaya melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Ribhatul Khail di Desa Kerang Kecamatan Batu Engau, Rabu (14/11). (Antaranews Kaltim/R. Wartono/Kominfo Paser)

"Karena penggunaan dana yang cukup besar, selain bantuan yang sudah diberikan Pemda, kami juga harapkan partisipasi masyarakat sekitar kecamatan. Terlebih lagi bantuan dari pengusaha yang ada di kecamatan itu,” ujar Katsul.

Pemerintah Kabupaten Paser sebelumnya telah mengalokasikan bantuan dana sebesar Rp500 Juta untuk pembangunan masjid tersebut.

Menurut Ketua Panitia Pembangunan Masjid, Bashir, anggaran yang dibutuhkan hingga pembangunan masjid itu selesai diperkirakan mencapai kurang lebih Rp7 miliar.

"Sudah ada bantuan dari Pemda sekitar Rp500 juta. Kalau hingga pembangunan selesai diperkirakan membutuhkan dana sekitar Rp7 miliar,” ujar Bashir.

Masjid Ribhatul Khail memang digadang-gadang akan menjadi Masjid Raya di Kecamatan Batu Engau. Masjid itu direncanakan dibangun dua lantai dengan luas 27 meter persegi termasuk halaman masjid.(*/Kominfo Paser)

Pewarta: R Wartono

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018